Pemenang Nobel Fisika Tegaskan Manusia Takkan Mungkin Pindah ke Planet Lain

Pemenang Nobel Fisika Tegaskan Manusia Takkan Mungkin Pindah ke Planet Lain Michel Mayor

Covesia.com - Berbagai upaya sedang dilakukan untuk kolonisasi planet Mars atau bahkan planet lain di Tata Surya seperti di film fiksi ilmiah. Namun hal itu tidak mengesankan buat Michel Mayor, salah satu dari tiga pemenang Nobel Fisika 2019.

Mayor yang asal Swiss dan koleganya Didier Queloz, meraih Nobel Fisika berkat penemuan exoplanet dengan teknik terobosan. Exoplanet adalah planet di luar Tata Surya kita yang mengorbit pada bintang semacam Matahari.

"Jika kita berbicara tentang exoplanet, harus dijelaskan bahwa kita tidak akan migrasi ke sana," kata Michel dilansir dari detik.com, Jumat (11/10/2019).

"Planet-planet itu terlalu jauh. Bahkan dalam kasus optimistis sebuah planet yang bisa ditinggali yang tak terlampau jauh, misalnya beberapa lusin tahun cahaya, waktu yang dibutuhkan untuk ke sana besar," tandasnya.

"Kita berbicara tentang ratusan juta hari menggunakan apa yang kita miliki sekarang. Maka, kita seharusnya merawat planet kita saja, ia sangat cantik dan masih sangat bisa ditinggali," sarannya.

Teknologi pesawat antariksa yang ada sekarang memang mustahil untuk menempuh jarak yang begitu jauh di luar angkasa, apalagi usia manusia terbatas. Namun ia tidak menyinggung soal Planet Mars, di mana jaraknya dekat dan dianggap mungkin ditinggali oleh beberapa pihak.

Mengenai adanya alien atau kehidupan selain di Bumi, ia menyatakan jawabannya tergantung generasi masa depan. "Kami tidak tahu. Satu-satunya cara adalah mengembangkan teknik yang memungkinkan kita mendeteksi kehidupan di lokasi jauh," tukasnya.

(lif/dtc)

Berita Terkait

Baca Juga