Politisi PAN Ekos Albar Siap Maju di Pilkada Sumbar 2020

Politisi PAN Ekos Albar Siap Maju di Pilkada Sumbar 2020 Ekos Albar (kanan) bersama Ketum PAN Zulkifli Hasan (kanan) dalam suatu kesempatan

Covesia.com - Setelah kemunculan Faldo Maldini, Pilkada Sumbar 2020 memang tidak pernah sepi dari kejutan. Kali ini datang dari politisi Partai Amanat Nasional (PAN) yang juga seorang pengusaha, Ekos Albar, yang berniat maju dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sumbar mendatang.

Hal tersebut diungkapkan mantan Sekretaris DPW PAN Sumbar Taslim kepada covesia.com, Kamis (10/10/2019).

 "Saya sempat bicara dengan Ekos di Jakarta, dan ia berniat maju di Pilkada Sumbar 2020," sebut Taslim.

Dengan majunya Ekos Albar, berarti bertambah kader PAN yang berniat maju di Pilkada Sumbar 2020, dimana sebelumnya sudah ada 3 orang kader yang digadang-gadang akan maju, yakni Wakil Ketua DPP PAN Epyardi Asda, Ketua DPW PAN Ali Mukhni dan Shadiq Pasadique yang pernah menjadi caleg DPR RI dari PAN di dapil Sumbar 1 pada Pileg 2019 lalu.

Disebutkan Taslim, sebelum ada keputusan DPP PAN yang menyatakan secara tertulis siapa yang akan dicalonkan atau diusung untuk Pilkada Sumbar 2020, maka semua kader mempunyai hak yang sama. "Sampai saat ini yang saya tahu, belum ada satu pun keputusan DPP PAN mengenai Pilkada Sumbar," ujar mantan Anggota DPR RI periode 2009-2014 itu.

Ekos Albar merupakan kader PAN yang sekarang menjadi penasehat di DPP BM PAN, pernah menjadi caleg DPR RI dari PAN dan calon Bupati Limapuluh Kota. Walaupun belum beruntung terpilih, tapi Ekos Albar telah mempunyai "investasi politik" di dapil Sumbar 2 umumnya dan Kabupaten Limapuluh Kota / Kota Payakumbuh khususnya.

Taslim menilai ke depan Sumbar itu butuh sosok pemimpin yang berlatar belakang entrepreneur (pengusaha), sehingga pembangunan ekonomi Sumbar bisa meningkat. Dan sosok itu seperti Ekos Albar, seorang pengusaha, sekarang menggarap perkebunan sawit di Provinsi Gorontalo di bawah bendera PT Heksa Jaya Abadi, PT Tripalma Nusantara dan PT Agro Palma Khatulistiwa. Ekos juga mempunyai usaha di bidang otomotif.

Mengenai posisi yang dibidik, Taslim mengungkapkan arahnya ke wakil gubernur tampaknya. "Saya rasa posisi wakil gubernur pas untuk Ekos," ungkapnya.

(lif)

Berita Terkait

Baca Juga