Tiba di Makassar, 139 dari 348 Warga Eksodus Berasal dari Sumbar

Tiba di Makassar 139 dari 348 Warga Eksodus Berasal dari Sumbar Warga eksodus dari Wamena tiba di Pelabuhan Makassar. (Muhammad Nur Abdurrahman-detikcom)

Covesia.com - Sebanyak 348 orang eksodus dari Wamena, Papua, yang menggunakan KM Ciremai tiba di Pelabuhan Makassar. Para pengungsi ini terbagi dua kelompok, yakni 209 warga asal Sulawesi Selatan (Sulsel) dan 139 warga asal Sumatera Barat (Sumbar).

Rombongan pengungsi tiba di Pelabuhan Makassar pukul 16.30 WITa, Sabtu (5/10/2019). Kedatangan pengungsi korban kerusuhan Wamena ini dijemput oleh Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah, bersama Pj Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb, Ketua PMI Makassar Syamsu Rizal, dan Ketua DPW Ikatan Keluarga Minang (IKM) Sulsel Wilson Abdullah.

Beberapa pengungsi yang sakit terpaksa ditandu oleh anggota Marinir dan kepolisian saat turun dari kapal. Korban pengungsi yang sakit langsung diantar menggunakan mobil ambulans ke rumah sakit Bhayangkara Polda Sulsel.

"Pengungsi asal Sulsel akan ditampung di Asrama Haji Sudiang, kita akan lakukan pengobatan trauma mereka, berkolaborasi dengan banyak pihak agar lebih ringan penanganannya," ujar Nurdin.

Nurdin menjamin, selama ditampung anak-anak pengungsi akan tetap bisa sekolah. "Kita akan atur, semua anak-anak pengungsi tetap bisa bersekolah," tambah Nurdin.

Sementara, menurut Ketua DPW Ikatan Keluarga Minang (IKM) Sulsel Wilson Abdullah, 139 pengungsi asal Minang akan ditampung sementara di Rusunawa Universitas Muhammadiyah Makassar, sambil menunggu pemberangkatannya ke Sumbar esok harinya menggunakan pesawat komersil.

"Kita akan aturkan tiketnya, dananya merupakan tanggung jawab tim peduli Minang, akan kita berangkat dengan pesawat satu-dua hari ini," pungkas Wilson. 

(detikcom)

Berita Terkait

Baca Juga