Momen HUT TNI, Gatot Ajak Prajurit Introspeksi dan Evaluasi Diri

Momen HUT TNI Gatot Ajak Prajurit Introspeksi dan Evaluasi Diri Gatot Nurmantyo

Covesia.com - Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo meminta prajurit TNI memaknai HUT ke-74 dengan cara introspeksi dan evaluasi diri. Gatot berharap personel TNI selalu setia dengan sumpah prajurit.

"Saya berharap dengan momen hari TNI ini menjadi momen yang baik. Saya mengajak semua prajurit untuk melakukan introspeksi dan evaluasi," kata Gatot usai hadir di acara HUT TNI ke-74 di Lanud Perdana Halimkusuma, Jakarta Timur, Sabtu (5/10/2019).

"Yang pertama, apakah sebagai prajurit setiap ucapannya, sikap dan tindakannya sebagai prajurit? Melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sudah menjiwai dan mengacu kepada sumpah prajurit, sapta marga," sambung dia.

Gatot mengajak semua prajurit untuk berefleksi mengenai pengabdian terhadap bangsa. Gatot juga menyampaikan prajurit TNI harus tetap semangat ketika pekerjaan mereka tak dihargai oleh pimpinan.

"Yang kedua sebagai prajurit apakah sudah setiap kegiatan yang dilakukan berorientasi terhadap kemaslahatan bangsa dan rakyat Indonesia karena sesuai dengan tema hari ultah TNI profesionalisme ini tanpa dua itu tidak ada apa-apanya maka pesan saya buatlah yang terbaik, berani tulus dan ikhlas untuk bangsa dan rakyatnya," ucap Gatot.

"Apabila pimpinanmu tidak memujimu teruslah kamu bekerja keras dengan motivasi tinggi untuk menjaga tetap kokoh persatuan dan kesatuan bangsa dan berbuat yang terbaik bagi rakyat pasti rakyat akan melihat profesionalisme dan bangga," sambung dia.

Dia lalu mengimbau TNI terus mempertahankan sinergitas dengan Polri. Dia mengibaratkan Polri dan TNI sebagai dua tangan presiden.

"Dalam kondisi tertib sipil, polisi tangan kanannya presiden. Tapi dalam kondisi darurat militer, terbalik jadi TNI yang jadi tangan kanan presiden," ujar Gatot. 

(lif/dtc)

Berita Terkait

Baca Juga