Indek Nikkei Turun, Bursa Saham Tokyo Dibuka Datar

Indek Nikkei Turun Bursa Saham Tokyo Dibuka Datar

Tokyo - Bursa saham Tokyo dibuka datar pada Kamis (13/11/2014), setelah Wall Street mengakhiri pencetakan rekor selama lima hari, karena skandal manipulasi nilai tukar mata uang mengirimkan saham tiga bank terkemuka AS jatuh.

Indeks Nikkei 225 di Bursa Efek Tokyo turun 0,03 persen, atau 5,05 poin, menjadi 17.192,00 di awal perdagangan.Regulator global pada Rabu mengumumkan denda 4,2 miliar dolar AS terhadap enam bank besar AS dan Eropa yang berusaha untuk memanipulasi pasar valuta asing.

Karena tidak ada bank-bank Jepang yang terlibat dalam manipulasi tersebut, fokus di Tokyo tetap pada apakah pemerintah akan menunda rencana kenaikan pajak penjualan tahun depan untuk mendukung perekonomian. "Spekulasi atas penundaan (kenaikan pajak) akan terus mendidih setidaknya sampai rilis angka produk domestik bruto kuartal ketiga pada Senin depan," CEO Investrust Hiroyuki Fukunaga mengatakan kepada Dow Jones Newswires.

Dolar berada di 115,56 yen pada Kamis pagi dibandingkan dengan 115,52 yen di New York pada Rabu sore. Euro dibeli 1,2435 dolar dan 143,64 yen terhadap 1,2438 dolar dan 143,70 yen di perdagangan AS. Di Wall Street, denda besar untuk manipulasi pasar valuta asing mengirimkan saham JPMorgan Chase, Citigroup dan Bank of America jatuh.

Indeks Dow Jones Industrial Average berakhir turun 0,02 persen, sementara indeks komposit teknologi Nasdaq bertambah 0,31 persen didorong keuntungan saham Apple dan Yahoo.(ant/cal)

Berita Terkait

Baca Juga