Disperindagkop dan UKM Kota Pariaman Akan Luncurkan Market Flash dan Rumah Kreatif

Disperindagkop dan UKM Kota Pariaman Akan Luncurkan Market Flash dan Rumah Kreatif Kepala Disperindagkop dan UKM Kota Pariaman, Gusniyetti Zaunit (Foto: Peri Musliadi)

Covesia.com - Menyikapi tantangan sistem ekonomi digital, Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) Kota Pariaman, akan meluncurkan dua program yaitu, Market Flash Pariaman Mall dan Rumah Kreatif.

Kepala Disperindagkop dan UKM Kota Pariaman, Gusniyetti Zaunit menyebutkan, kedua program ini dihadirkan untuk menanggapi tantangan saat ini, yang semuanya sudah serba digital.

"Artinya, semua produk UKM sedang menuju pemasaran online, atau pasar berbasis internet. Jadi semua produk - produk itu dipasarkan melalui jaringan internet," sebut Gusniyetti pada Jumat (20/9/2019).

Lanjut Gusniyetti, sebenarnya untuk saat ini para pelaku usaha UKM yang ada di Kota Pariaman, mereka sudah memulai menggunakan era digital dalam memasarkan produk - produknya. Tapi hal itu, masih menggunaka Market Flash yang ada. Seperti melalui Tokopedia, Lazada dan lainnya.

"Untuk itu, kami sebagai Disperindagkop dan UKM Kota Pariaman, juga akan meluncurkan program Market Flash Pariaman Mall. Di sana nantinya semua produk UKM Kota Pariaman akan dipasarkan," katanya.

Gusniyetti mengatakan, rencana peluncuranya sekitar bulan Oktober 2019 mendatang. Nanti setelah diluncurkan, Kota Pariaman akan mempunyai Market Flash sendiri.

"Saat ini kami masih melakukan persiapan untuk peluncuran tersebut. Insyaallah Oktober sudah bisa diluncurkan," ujarnya.

Disebutkan Gusniyetti, untuk pelaku UKM ini, pihaknya juga sudah memberikan pelatihan, bagaimana mereka nantinya dalam memasarankan produknya secara online tersebut.

"Untuk Kota Pariaman tahun ini, ada sekitar 50 orang pelaku UKM. Kepada mereka ini juga sudah kami berikan pelatihan," ucap Gusniyetti.

Selain itu, ia juga mengungkapkan, kalau untuk generasi milenial diera digital, pihaknya tahun depan juga akan merencakan pembuatan Rumah Kreatif. 

"Rumah Kreatif ini, kami buat untuk kaum milenial, dimana nanti itu akan menjadi tempat berkumpulnya mereka. Kemudian mereka ini yang akan mengembangkan produk - produk UKM ini," katanya.

Dikatakan Gusniyetti, dalam hal itu, pihaknya akan bekerjasama dengan Universitas Andalan dan Bank Nagari.

Kontributor Pariaman: Peri Musliadi

Berita Terkait

Baca Juga