Pengamat: Presiden Jokowi Tak Punya Niat Lemahkan KPK

Pengamat Presiden Jokowi Tak Punya Niat Lemahkan KPK Joko Widodo

Covesia.com - Pro kontra Undang-Undang KPK membuat masih menjadi polemik di tengah masyarakat hingga saat ini.

Melihat kondisi saat ini, pengamat politik yang juga dosen Ilmu Politik, Universitas Andalas, Ilham Adelino Azre mengatakan revisi dalam sebuah UU adalah hal yang wajar dan sah-sah saja dilakukan. Untuk itu dia mengimbau polemik yang berkembang setelah disahkannya UU KPK bisa segera diakhiri.

“Revisi undang-undang KPK bukan hal tabu, selagi untuk memperkuat lembaga anti rasuah tersebut,” ucapnya dalam pers rilis, Rabu (18/9/2019).

Dia menyarankan agar tidak selalu berfikir negatif terhadap sesuatu perubahan, termasuk perubahan dalam Undang-Undang. Menurutnya UU KPK yang baru ini tidak ada melemahkan lembaga antirasuah itu.

“Jangan kita selalu menilai negatif terhadap sebuah perubahan, apa lagi banyak kepentingan dalam sebuah revisi yang bisa dimanfaatkan kelompok untuk membuat kisruh,” jelasnya.

Dia meyakini Presiden Joko Widodo tidak memiliki niat untuk melemahkan KPK dan justru malah sebaliknya.

“Saya yakin pak Jokowi pasti punya niat yang sama dengan kita untuk membebaskan negri ini dari perilaku korup, jadi jangan cari celah seolah-olah revisi undang-undang semata-mata untuk melemahkan lembaga anti rasuah, padahal bisa jadi lembaga itu semakin kuat,” tegas Azre

(rel)

Berita Terkait

Baca Juga