Menteri PPN Resmikan Pembangkit Listrik Biomassa Berbasis Bambu di Mentawai

Menteri PPN Resmikan Pembangkit Listrik Biomassa Berbasis Bambu di Mentawai Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro meresmikan Pembangkit Listrik Biomassa (PLTBm) di Desa Saliguma, Pulau Siberut, Kepulauan Mentawai, Selasa (17/9/2019).

Covesia.com - Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro meresmikan Pembangkit Listrik Biomassa (PLTBm) di Desa Saliguma, Pulau Siberut, Kepulauan Mentawai, Selasa (17/9/2019).

Peresmian PLTBm tersebut juga dihadiri Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit, Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet, Direktur Bisnis  PLN Wilayah Sumatera, para Kepala OPD Mentawai dan masyarakat setempat.

PLTBm yang diresmikan tersebut memiliki tiga pembangkit yang tersebar di desa Saliguma, Cimpungan dan Saibi Samukop.

Kepala Bappenas mengungkapkan dengan beroperasinya PLTBm ini akan bisa membantu kehidupan masyarakat, karena banyak kegiatan ekonomi bisa berjalan kalau ada listrik. 

"Prestasi siswa bisa lebih baik karena bisa belajar malam dengan adanya listrik," ujarnya Bambang Brodjonegoro.

Menurutnya, diresmikan PLTBm ini bukan hanya sekadar untuk menerangi daerah di tiga desa ini, namun listrik yang beroperasi tersebut adalah energi terbarukan.

" Ini adalah energi terbarukan. Biomassa berbasis bambu. Suatu hal unik," jelasnya.

Tak hanya itu, dengan adanya pembangkit listrik biomassa ini secara tak langsung akan bisa meningkatkan perekonomian warga Siberut dan Mentawai pada umumnya.

 "Listrik akan stabil klau ada suplai bambu. Dan warga memiliki peluang jadi pemasok bambu," ujarnya.

Bambang mengharapkan kedepannya daerah Mentawai yang belum dialiri lisrtrik bisa dibangun pembangkit listrik dengan energi terbarukan ini.

"Ini akan menjadk hal unik, dimana daerah kepulauan bisa memiliki energi listrik yang ramah lingkungan," jelasnya.

PLTBm yamg diresmikan tersebut memiliki daya 700 kw dan akan bisa mengaliro 1233 pelanggan baru.

(lif)

Berita Terkait

Baca Juga