Hasil Panen Meningkat, Harga Cabai Merah di Agam Turun Hingga Rp55 Ribu per Kilogram

Hasil Panen Meningkat Harga Cabai Merah di Agam Turun Hingga Rp55 Ribu per Kilogram Ilustrasi pedagang Cabai merah di Agam (Foto: Covesia/ Johan)

Covesia.com - Pasokan cukup harga cabai merah di Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) mengalami penurunan.

Pantauan Covesia.com di sejumlah pasar tradisional di kecamatan Lubuk Basung, Tanjung Raya, Matur dan Tanjung Mutiara, minggu ini rata-rata pedagang menjual di harga Rp 55 Ribu/ Kg, angka tersebut mengalami penurunan yang signifikan selama 3 minggu terakhir, yaitunya dari Rp65 000, turun ke Rp60 ribu dan Rp55 Ribu/Kg pada minggu ini.

Menurut salah seorang pedagang Cabai Merah keriting di Pasar Inpres Padang Baru kecamatan Lubuk Basung, Nit (42) mengatakan, turunnya harga simerah pedas ini seiring dengan meningkatnya hasil panen dari petani di beberapa kecamatan seperti Matur, Banuhampu, Ampek Koto dan Candung.

"Pedagang pengumpul di pasar sentral sayur Padang Lua kecamatan Banuhampu tidak perlu mendatangkan cabe dari luar daerah dalam jumlah besar karena pasokan cukup," ujarnya saat di konfirmasi Covesia.com Jum'at (13/9/2019).

Hal tersebut dibenarkan Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM Agam, Nelvia Fauzana, hal itu sesuai dengan informasi yang diperoleh dari sejumlah pedagang di pasar tradisional di kabupaten Agam. 

"Hasil panen meningkat ditambah pasokan dari luar, maka harga cabai bisa turun dan diprediksi akan mengalami penurunan hinggi pekan kedepan," terangnya.

(han/don)




Berita Terkait

Baca Juga