BJ Habibie, Presiden RI dengan Masa Jabatan Tersingkat

BJ Habibie Presiden RI dengan Masa Jabatan Tersingkat BJ Habibie

Covesia.com - Kesedihan mendera seantaro tanah air hari ini. Tokoh bangsa sekaligus Presiden RI ke-3 BJ Habibie dikebumikan hari ini di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta.

Isak haru dan tangis, dan doa seluruh anak bangsa mengiringi tokoh terbaik bangsa ini ke peristirahatan terakhir.

Banyak catatan sejarah yang membekas seiring kepergian pria kelahiran Parepare, Sulawesi Selatan, 25 Juni 1936 ini sebelum menghadap Kehadirat Allah SWT. Diantaranya sebagai presiden dengan masa tersingkat yang memimpin Indonesia 

Dalam catatan sejarah yang dirangkum covesia.com dari berbagai sumber, Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie yang meninggal di Jakarta, 11 September 2019 pada umur 83 tahun tercatat sebagai Presiden Republik Indonesia yang ketiga setelah menggantikan Soeharto yang mengundurkan diri dari jabatan presiden pada tanggal 21 Mei 1998.

Dalam masa baktinya, beliau hanya menjabat selama satu tahun dan enam bulan. Dia menjadi presiden saat keadaan di Tanah Air sedang kacau balau pasca-lengsernya Soeharto masa Orde Baru.

B.J. Habibie kemudian digantikan oleh Abdurrahman Wahid (Gus Dur) yang terpilih sebagai presiden pada 20 Oktober 1999 oleh MPR hasil Pemilu 1999. 

Dari sekian banyak presiden Indonesia, B. J. Habibie merupakan satu-satunya Presiden yang berasal dari etnis Gorontalo, Sulawesi dari garis keturunan Ayahnya yang berasal dari Kabila, Gorontalo dan etnis Jawa dari ibunya yang berasal dari Yogyakarta.

Sebelumnya, B.J. Habibie menjabat sebagai Wakil Presiden Republik Indonesia ke-7, menggantikan Try Sutrisno dengan masa bakti yang juga relatif singkat yakni, menjabat selama 2 bulan dan 7 hari. 

(adi)

Berita Terkait

Baca Juga