Dua Kuncup Bunga Raflesia Ditemukan di Palupuah Agam

Dua Kuncup Bunga Raflesia Ditemukan di Palupuah Agam Dua kuncup bungan raflesia yang belum mekar di Palupuah Agam (Foto: Johan/ Covesia)

Covesia.com - Dua Kuncup Bunga langka jenis Rafflesia ditemukan masyarakat di hutan jorong Sitingkai, Nagari Koto Rantang, Kecamatan Palupuh, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Masyarakat Setempat Heru Nofrianda (26) mengatakan, bungat tersebut ditemukan di hutan sekitar pemukiman Senin (9/9/2019) saat hendak menuju kebun.

"Kemarin ada warga yang melapor melihat ada dua bongkahan bewarna merah sebesar bola volly dan bola takraw dengan darak cukup berdekatan, setelah didekati ternyata adalah bongkol Rafflesia," ujarnya saat di konfirmasi Covesia.com Selasa (10/9/2019).

Atas temuan tersebut masyarakat langsung menginformasikan ke pemerintah nagari, dan dilanjutkan ke BKSDA Resor Bukittinggi. "Tadi kita sudah memberitahu pemerintah nagari dan nantinya akan di informasikan juga ke BKSDA," jelasnya.

Dilanjutkan Heru, sebelumnya beberapa tahun yang lalu bunga yang sama juga pernah tumbuh disekitar lokasi namun tidak ada tanda-tanda kemunculan, namun kemarin ditemukan kembali.

"Untuk tahap awal ini masyarakat sudah melakukan perlindungan hingga BKSDA mendatangi kelokasi," terangnya.

(han/utr)

Berita Terkait

Baca Juga