Beda dengan Habib Rizieq, Wakil Gerindra Nilai BPIP Tak Perlu Dibubarkan Tapi Diperkuat

Beda dengan Habib Rizieq Wakil Gerindra Nilai BPIP Tak Perlu Dibubarkan Tapi Diperkuat Wakil Ketua Komisi II DPR RI Riza Patria (detik.com)

Covesia.com - Imam besar FPI Habib Rizieq menyoroti Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) yang dianggapnya tidak paham esensi Pancasila, sehingga perlu dibubarkan. Komisi II DPR RI menilai sebaliknya.

Wakil Ketua Komisi II DPR RI Riza Patria menyebut BPIP tak perlu dibubarkan. Tapi harus diperkuat sistemnya untuk menanamkan ideologi Pancasila ke masyarakat.

"Ya BPIP jangan dibubarkan tapi perlu diperkuat, diperbaiki, dibenahi supaya sempurna," ujar Riza kepada wartawan, Minggu (25/8/2019).

Menurut Riza sistem di internal BPIP untuk menyalurkan nilai Pancasila di masyarakat belum baik. Sehingga dia menilai hasilnya tidak sesuai harapan, bahkan nilai nasionalis semakin ke sini semakin luntur. 

"Seiring bertambahnya umur republik ini tapi masyarakat kita tidak semakin Pancasilais, jadi apa yang salah, apakah Pancasilanya atau sistem pengajarannya, atau masyarakatnya. Menurut saya Pancasilanya sudah baik, yang jadi masalah sekarang sistemnya harus bisa diperbaiki. Dulu di zaman orde baru ada BP4, P4, itu bagus, mereka sejak kecil hafal butir Pancasila dan sebagainya. Sekarang mulai luntur nih nasionalis, Pancasila kita mulai luntur, toleransi kita gotong royong kita, nah itu disebabkan oleh sistem kita yang harus diperbaiki," ucapnya yang dilansir dari detik.com. 

Oleh karena itu, Riza meminta pemerintah untuk melakukan evaluasi terhadap BPIP. Dari evaluasi itu menurutnya dapat dijadikan acuan bagi pemerintah untuk mengambil langkah tegas agar lembaga ini semakin kuat. 

"BPIP baik maksudnya dibentuk tapi dalam perjalanannya, BPIP belum bisa ngasih yang terbaik sesuai harapan, untuk itu pemerintah perlu melakukan evaluasi terhadap BPIP dan mengambil langkah-langkah untuk memperkuat BPIP," katanya. 

Sebelumnya, Habib Rizieq mengatakan BPIP tidak paham hakikat dan esensi Pancasila. Dia mengatakan Pancasila adalah dasar negara Republik Indonesia, bukan pilar negara. 

Dia meminta agar tidak ada yang menyalahkan jika BPIP dikritisi, bahkan diminta dibubarkan. 

"Jangan salahkan orang saat ini menyebut bahwa BPIP adalah badan pengkhianat ideologi Pancasila sehingga harus dibubarkan. Karena bukan saja pemborosan uang negara tapi juga sangat berbahaya buat eksistensi Pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia. Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un," ujar Rizieq lewat video yang disiarkan langsung dari akun YouTube Front TV, Sabtu (24/8/2019). 

(dtc)

Berita Terkait

Baca Juga