Bapak Republik Indonesia, Almarhum Tan Malaka ''Dapat Kado'' Badal Haji dari Wabup 50 Kota

Bapak Republik Indonesia Almarhum Tan Malaka Dapat Kado Badal Haji dari Wabup 50 Kota Ilustrasi - Foto: Antara

Covesia.com - Di Hari Ulang Tahun (HUT) ke 74 Republik Indonesia hari ini  (Sabtu, 17/08/2019), Wakil Bupati Limapuluh Kota, Ferizal Ridwan "memberikan kado" berupa badal haji kepada Bapak Republik, Ibrahim Datuk Tan Malaka. Badal haji ini juga turut diramaikan oleh jamaah haji asal Limapuluh Kota langsung di depan Kakbah, Kota Mekkah, Arab Saudi.

Badal haji yang dilakukan oleh Wakil Bupati Limapuluh Kota yang ditemani jamaah lainnya dilaksanakan pukul 09.00 WIB waktu setempat. Mereka juga telah mempersiapkan segala biaya untuk segala keperluan Badal Haji untuk Tan Malaka.

“Kami tengah bersiap-siap untuk berangkat ke Kakbah untuk Badal Haji Tan Malaka. Sekarang Wabup masih menunggu jamaah lain untuk berkumpul. Sekarang masih pukul 07.30 waktu setempat. Kami berangkat pukul 09.00,” ucap seorang petugas kesehatan kloter 10 Padang, Hendri kepada Covesia.com melalui pesan Whatsapp sekitar pukul 11.30 WIB.

Disampaikannya, saat ini Wakil Bupati Limapuluh Kota dan jamaah lainnya masih berada di tenda di Mina dan nantinya akan berangkat ke Jamarat untuk lontar jumrah. Lokasi dari Mina ke Jamarat diperkirakan sejauh 3 hingga 4 kilometer.

“Jaraknya ada sekitar 3 hingga 4 kilometer. Nanti kami langsung ke Jamarat untuk lontar jumrah ula, wustha dan aqabah,” ucap Hendri.

Sementara itu Wakil Bupati Limapuluh Kota, Ferizal Ridwan mengatakan Badal Haji Tan Malaka ini dilakukan sebagai bentuk terima kasih dirinya dan masyarakat Limapuluh Kota kepada pahlawan nasional itu karena telah memberikan kemerdekaan kepada Republik Indonesia.

“Ini sebagai hadiah kepada Tan Malaka sebagai orang yang paling berjasa memerdekakan Republik Indonesia. Bertepatan pada HUT RI ke 74 ini, saya dan beberapa orang asal Limapuluh Kota membadalkan haji kepada beliau. Semoga Badal ini menjadi pahala untuk beliau di hadapan Allah SWT,” kata Ferizal.

Selain itu, badal haji untuk Tan Malaka bisa mengurangi stigma yang melekat kepada dirinya di mata masyarakat. Pasalnya, secara fakta tidak dapat dipungkiri sosok seorang Tan Malaka memiliki andil besar bagi kemerdekaan. 

“Sebagai sesama muslim. Ini sama membantu beliau untuk menunaikan ibadah haji sekaligus menepis stigma yang terus menghantam beliau sampai hari ini. Padahal Tan Malaka ada orang yang paling berjasa untuk kemerdekaan negara Indonesia tercinta ini,” sebut Ferizal. 

(agg/rdk)

Berita Terkait

Baca Juga