Anies: Yang Punya Mobil Mewah Nggak Boleh Daftar Rumah DP Rp 0

Anies Yang Punya Mobil Mewah Nggak Boleh Daftar Rumah DP Rp 0 Anies Baswedan

Covesia.com - Rumah DP Rp 0 garapan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dibuka kembali pendaftarannya sejak tanggal 7 Agustus yang lalu. Pendaftaran kedua ini rencananya akan selesai hari ini.

Lantas, mengapa Anies membuka kembali pendaftaran rumah yang diberi nama Rusun Samawa ini?

Anies menyatakan bahwa pihaknya tidak ingin ada lagi pendaftaran yang tidak sesuai kriteria. Salah satunya adalah pendaftar dari kalangan atas, bahkan yang punya mobil mewah.

"Pendaftaran seperti ini kan bukan cuma peminat tapi juga harus dilihat kesesuaian sama kriteria yang ditetapkan. Kalau yang daftar punya mobil mewah kayak kemarin nggak boleh juga kan," kata Anies di kantornya, Selasa (13/8/2019).

"Karena itu kita buka kesempatan kembali buat masyarakat," lanjutnya.

Sebelumnya pada pendaftaran sesi pertama ada sebanyak 2.359 pendaftar rumah DP Rp 0, namun hanya sebanyak 1.790 orang yang lolos diseleksi Pemprov. Uniknya, menurut Kepala UPT Fasilitasi Pemilikan Rumah Sejahtera, Dzikran Kurniawan, beberapa pendaftar yang tidak lolos punya mobil mewah.

"Mengenai seleksi itu, bisa saya tambahkan bahwa dari data yang kita cek BPRD (Badan Pajak dan Retribusi Daerah) itu ternyata cukup banyak juga, ada pendaftar juga yang memiliki kendaraan, seperti Alphard, kemudian teridentifikasi memiliki kendaraan Porsche warna merah, kemudian Porsche Boxster. Kemudian ada juga yang memiliki motor Harley-Davidson. Jadi itu faktanya, itu yang termasuk tidak lolos seleksi," ucap Dzikran Kurniawan, di Balai Kota Jakarta, Rabu (24/7/2019).

Hari ini sendiri, merupakan hari terakhir pendaftaran sesi 2 rumah DP Rp 0. Masyarakat yang berminat bisa langsung datang ke lokasi Rumah DP Rp 0 di Komplek Nuansa Pondok Kelapa, Pondok Kelapa, Jakarta Timur.

(lif/dtc)

Berita Terkait

Baca Juga