Tidak Serentak, Jamaah Syattariyah Sumbar Rayakan Idul Adha Hari Ini dan Besok

Tidak Serentak Jamaah Syattariyah Sumbar Rayakan Idul Adha Hari Ini dan Besok Ilustrasi

Covesia.com - Jamaah Syattariyah di Padang Pariaman tidak serentak dalam merayakan Idul Adha tahun ini. Ada yang merayakannya hari ini, Senin (12/8/2019) dan ada juga yang merayakannya pada Selasa (13/8/2019).

Ketua MUI Padang Pariaman, Buya Syofyan Tuanku Bandaro ketika dihubungi covesia.com mengungkapkan hari ini sebagian jamaah Syattariyah di Padang Pariaman salat Idul Adha. Seperti di Ringan-Ringan, Lubuk Alung.

"Mereka yang melakukan salat sekarang, yaitu yang tergabung ke dalam jamaah Syatthariyah. Artinya, mereka yang masih setia dengan melihat bulan saat akan puasa dan lebaran Idul Fitri," sebut Buya Syofyan. 

Buya Syofyan menyebutkan, sebagian dari jamaah Syatthariyah  lainnya juga melakukan salat Idul Adhapada Selasa (13/8/2019) besok. Seperti di daerah Koto Ai dan Koto Tuo.

"Sebenarnya mereka yang melaksanakan Salat Idul Adha, pada Senin dan Selasa, sebenarnya dalam menghitung sama-sama memakai bilangan Khamsiyah dan mereka masih tergabung ke dalam jemaah Syatthariyah," sebut Buya Syofyan.

Dikatakan Buya Syofyan, hanya saja mungkin perbedaan mereka ini terjadi pada saat tanggal satu Zulhijjah. Sebagian tidak melihat bulan, dan sebagian melihatnya.

Selain itu, ada juga sebagian masyarat yang ada di Batang Kabung, Koto Tangah, Kota Padang, yang melaksanakan salat Idul Adha hari ini.

Kontributor: Peri Musliadi


Berita Terkait

Baca Juga