Heboh Kabar Net TV PHK Massal, ini Faktanya

Heboh Kabar Net TV PHK Massal ini Faktanya Karyawan NET TV/Foto: Istimewa

Covesia.com - NET TV jadi buah bibir di media sosial. Pada jejaring Twitter, stasiun televisi tersebut sempat menjadi trending topic karena dikabarkan akan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) massal.

Seperti yang dilihat detikFinance, Jumat (9/8/2019), NET TV sudah diperbincangkan hingga puluhan ribu twit.

detikFinance pun mengkonfirmasi kabar tersebut ke pihak PT Net Mediatama Televisi. Komisaris Utama PT Net Mediatama Televisi, Wishnutama menegaskan tak ada PHK di NET TV. 

Namun, menurut Chief Operating Officer PT Net Mediatama Azuan Syahril, yang terjadi adalah karyawan ditawarkan pengunduran diri. Mau tahu informasi selengkapnya? Baca di sini:

1. Heboh Kabar NET TV PHK Massal

NET TV jadi buah bibir di media sosial. Pada jejaring Twitter, stasiun televisi tersebut menjadi trending topic karena dikabarkan akan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) massal.

Seperti yang dilihat detikFinance, Jumat (9/8/2019), NET TV sudah diperbincangkan hingga 24 ribu twit pada pukul 11.29 WIB.

"NET TV melakukan PHK massal karena gak mampu bersaing dengan TV lain? Wajar, yang hari ini mendadak sedih karena kaget mendapat kabar itu sebagian besar juga udah jarang seharian nonton TV kok...," cuit akun @halleluhellyeah.

Akun bernama @SherlyO62662789 ikut berkomentar soal isu PHK di NET TV.

"Di NET Tv pantesan udah gak ada acara THE EAST lagi... Kalah bersaing, apa lagi bangkrutkah NET Tv sampai harus PHK massal karyawannya...???," cutinya.

detikFinance mengkonfirmasi kabar tersebut ke Pimpinan Redaksi sekaligus Vice President PR & Corsec NET Mediatama, Dede Apriadi. Dia belum bisa berkomentar banyak.

"Saya no comment dulu deh, saya tanya bos saya dulu ya, sebentar ya, habis Jumatan ya, saya coba tanya nanti habis Jumatan," kata dia melalui sambungan telepon.

Sejauh yang dia tahu, kondisi di NET TV tidak terjadi apa-apa.

"Saya harus tanya dulu ke bos dulu ya, soalnya informasi itu menurut saya harus konfirmasi karena di sini belum ada apa-apa gitu," tambahnya.

2. Wishnutama Bantah Ada PHK di NET TV

Komisaris Utama PT Net Mediatama Televisi, Wishnutama, membantah kabar akan ada PHK massal di NET TV. Dia menegaskan tidak ada rencana seperti itu.

"Barusan saya sudah ketemu dengan direksi untuk minta penjelasan perihal berita ini. Informasi yang disampaikan kepada saya oleh direksi tidak ada PHK seperti yang diberitakan," kata Wishnutama kepada detikFinance , Jumat (9/8/2019).

Dihubungi terpisah, Chief Operating Officer PT Net Mediatama Azuan Syahril juga memberi penjelasan serupa. Dia memastikan kabar tersebut tidak benar.

"Kita kan bicara pada pemberitaan bahwa Net melakukan PHK, itu sih nggak benar sama sekali lah, nggak benar itu," jelasnya.

3. Fakta Sebenarnya: Karyawan Ditawarkan Mundur

Chief Operating Officer PT Net Mediatama Azuan Syahril memastikan tidak ada rencana PHK massal terhadap karyawan Net TV. Tapi pihaknya tak membantah sedang melakukan efisiensi. Manajemen menawarkan karyawannya untuk mengundurkan diri (resign) secara suka rela dengan diberi benefit yang layak.

"Yang ada kita di sini dalam rangka, salah satunya efisiensi segala macam, kita mencoba menawarkan ke karyawan yang berminat mengundurkan diri kita kasih kesempatan dan akan diberikan benefit," kata dia kepada detikFinance, Jumat (9/8/2019).

Dia menjelaskan, saat ini industri televisi memang mengharuskan pihaknya mengambil langkah-langkah efisensi, tapi bukan dengan PHK massal dan sepihak.

"Sebenarnya gini sih, kita kan lagi situasi kayak gini, kompetisi, situasi ekonomi segala macam, teknologi ke depan juga membuat perlu dilakukan strategi baru. Nah kaitan dengan itu, kita sebenarnya kalau bicara PHK sih nggak ada ya," paparnya.

Namun dia enggan memberi tahu apa benefit yang akan didapatkan karyawan Net TV yang mengundurkan diri dari pekerjaannya.

"Itu juga kita lakukan dengan mufakat kedua belah pihak," sebutnya.

4. NET TV Batal Lepas Saham?

PT Net Visi Media, induk NET TV, berencana melepas saham ke publik. Namun dalam daftar calon emiten PT Bursa Efek Indonesia (BEI) per Juli 2019, tidak ada nama Net Visi Media.

Menurut data BEI per 24 Mei 2019 nama Net Visi Media tercatat sebagai salah satu dari 25 perusahaan yang akan melakukan IPO tahun ini. Namun dalam daftar pipeline BEI per 8 Juli 2019 tidak ada lagi nama Net Visi Media. 

Kini, NET TV sedang dihebohkan kabar bakal PHK massal karyawan, namun belakangan dibantah karena yang terjadi adalah perusahaan menawarkan pengunduran diri ke karyawan. Nah pertanyaannya, Apakah rencana melepas saham ke publik masih tetap jalan? 

Chief Operating Officer PT Net Mediatama Azuan Syahril menjelaskan, apapun yang terkait dengan rencana IPO adalah strategi dari pemegang saham. Tak ada hubungannya dengan desas-desus PHK massal. Lagi pula pihaknya telah membantah kabar itu.

"Itu kan rencana ya (IPO), kan tahapannya juga kan banyak ya, panjang ya, dan itu kan lebih pada strategi dari pemegang saham juga," kata dia kepada detikFinance, Jumat (9/8/2019).

Dia tak mau menjawab secara tegas apakah benar induk NET TV itu membatalkan IPO tahun ini. Dia mengatakan, perkembangan yang ada pasti akan dikabarkan lebih lanjut.

"Saya belum bisa jawab kalau soal IPO ya. Soal IPO kan hal yang berbeda ya. Itu lebih kepada kepentingan dari pemegang saham," tambahnya.

Sumber: DetikFinance

Berita Terkait

Baca Juga