Indeks Saham Tokyo Rabu Ditutup Naik

Indeks Saham Tokyo Rabu Ditutup Naik

Tokyo - Indeks saham bursa Tokyo ditutup naik 0,43 persen pada Rabu, karena yen yang lemah dan rekor penutupan lain di Wall Street membantu mendorong pasar Jepang ke tingkat tertinggi baru dalam tujuh tahun terakhir.

Indeks acuan Nikkei 225 di Bursa Efek Tokyo naik 72,94 poin menjadi 17.197,05, sedangkan indeks Topix dari seluruh saham papan utama 0,13 persen atau 1,84 poin lebih tinggi menjadi 1.377,05.

Di Tokyo, dolar pada Rabu dibeli 115,23 yen, setelah melonjak melewati 116 yen di di New York untuk pertama kalinya sejak Oktober 2007.

Rumor pajak datang karena pemerintah mencoba mengatasi penurunan akibat kenaikan pajak penjualan pada April yang membuat pemulihan tentatif mundur dan mengancam ekonomi nomor tiga di dunia itu terjun ke dalam resesi.

"Spekulasi tentang penundaan pajak penjualan akan menyebabkan pasar mata uang menjadi fluktuatif untuk sementara waktu, dan itu bisa mengakibatkan pasar saham lebih berfluktuatif juga," kata Masayuki Doshida, analis pasar senior di Rakuten Securities. (ant/lif)

Berita Terkait

Baca Juga