Megawati Hingga SBY Terima Penghargaan Anugerah KPAI Tahun 2019

Megawati Hingga SBY Terima Penghargaan Anugerah KPAI Tahun 2019 istimewa

Covesia.com - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) memberikan penghargaan kepada 10 tokoh dan lembaga yang dinilai berperan mewujudkan 'Indonesia Ramah Anak'. Penghargaan diserahkan dalam acara bertajuk Malam Anugerah KPAI 2019 di Jakarta, Jumat (19/7/2019) malam.

Selain tokoh dan lembaga, dalam Anugerah KPAI 2019 juga memberikan penghargaan Lifetime Achievement.

Ketua KPAI Susanto mengatakan, penghargaan ini bertujuan untuk mendorong kualitas anak Indonesia menjadi lebih baik lagi. Penghargaan ini juga diharapkan mampu menjadi inspirasi bagi lembaga dan tokoh lainnya untuk berlomba-lomba memberikan kepeduliannya terhadap anak-anak Indonesia

"Mudah-mudahan Anugerah KPAI memberikan inspirasi sekaligus menjadi pemacu dan pemicu kemajuan kualitas anak Indonesia menjadi lebih baik," ujar Susanto lewat rilis KPAI yang diterima oleh Covesia.com, Sabtu (20/7/2019).

Anugerah KPAI 2019 memberikan penghargaan khusus kepada Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri dan dan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"KPAI menilai Megawati berjasa terhadap perlindungan anak karena membentuk KPAI pada masa pemerintahannya. Megawati mendirikan KPAI berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 77 tahun 2003 tentang Komisi Perlindungan Anak Indonesia,"tambah Susanto.

Sementara itu, SBY berjasa karena pada masa pemerintahannya muncul sejumlah kebijakan yang dipandang ramah anak. Kedua mantan presiden itu sekaligus memiliki kebijakan yang berpengaruh penting bagi masa depan dan perlindungan anak di Indonesia.

"Apa yang telah dicetuskan oleh Presiden ke-5 dan ke-6 RI memiliki dampak luar biasa bagi ikhtiar perwujudan dan pemajuan penyelenggaraan perlindungan anak di indonesia," kata Susanto.

Pada acara ini, Megawati dan SBY tak dapat hadir. Mega diwakili Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto dan SBY diwakili putranya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Berikut penerima Anugerah KPAI 2019:

  1. Kementerian dan lembaga negara ramah anak. Penerima: Mahkamah Konstitusi.
  2. Pemerintah daerah provinsi ramah anak. Penerima: Pemprov DKI Jakarta.
  3. Pemerintah kabupaten/kota ramah anak. Penerima: Kabupaten Musi Rawas Utara, Sumatera Selatan.
  4. Lembaga pembinaan khusus anak atau LPKA. Penerima: LPKA Bandung.
  5. Layanan kesehatan. Penerima: RSUD Bekasi
  6. Lembaga layanan peduli anak. Penerima: Yayasan Balarenik.
  7. Media perlindungan peduli anak. Penerima: Radio Elshinta.
  8. Tokoh inspiratif peduli anak. Penerima: Mira Lesmana.
  9. Tokoh anak inspiratif/tokoh anak. Penerima: Rafi Abdurrachman Ridwan.
  10. Lifetime achievment perlindungan anak. Penerima: Titiek Puspa.
  11. Penghargaan khusus. Penerima: Megawati Soekarnoputri dan Susilo Bambang Yudhoyono.

(ril/her)

Berita Terkait

Baca Juga