Bersaing dengan Marcedes Benz, BMW Optimis Menangi Tender Mobil Presiden

Bersaing dengan Marcedes Benz BMW Optimis Menangi Tender Mobil Presiden Ilustrasi

Covesia.com - BMW klaim optimis memenangi tender kendaraan dinas Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin, dalapm persaingan dengan Mercedes Benz.

"Kita tunggu keputusan tender, Insyallah optimis menang," kata Chief Executive BMW Astra Fredy Handjaja di Tangerang Selatan, Selasa (16/7/2019).

Fredy menjelaskan apabila istana memilih BMW, maka mobil yang akan digunakan Presiden adalah BMW Seri 750 High Security.

Adapun spesifikasi wajib untuk kendaraan dinas Presiden Indonesia yang diminta Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia (Kemensesneg) ialah memiliki keamanan tingkat tinggi, anti peluru hingga kaliber tertentu serta anti ranjau.

Selama ini Presiden Joko Widodo menggunakan kendaraan dinas Mercedes-Benz S600 Pullman Guard, yang sudah digunakan sejak era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Kepala Bengkel BMW Sunter Ahmad Sudrajat menjelaskan pengalamannya saat BMW seri E38 dipilih menjadi kendaraan dinas di era Presiden Megawati Soekarnoputri.

Saat itu bengkel yang digunakan untuk perbaikan adalah di Sunter yang memang berspesifikasi tinggi. “Sejak 2013, Diler BMW di Sunter sudah diakui BMW Jerman untuk menangani unit dengan keamanan tingkat tinggi (High Security Saloon),” kata Ahmad.

Ahmad mengatakan sebelum mobil kepresidenan tersebut tiba di bengkel, seluruh data mekanis perlu dikirim ke istana. Tak hanya itu, dalam pengerjaannya perbaikan kendaraan dikawal ketat oleh Polisi Militer (PM).

“Saya inget protokolernya saat masuk, kita punya ruangan khusus tidak boleh ada orang lain masuk kecuali yang mengerjakan dan saat itu saya sebagai inspektornya. semua pengerjaannya harus tercatat," kata Ahmad.

Diketahui, pemerintah Indonesia melalui Kemensesneg tengah membuka lelang untuk kendaraan dinas keperluan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’aruf Amin.

Saat ini, BMW dan Mercedes-Benz tengah menawarkan produk terbaik mereka untuk digunakan Presiden RI sebagai mobil dinas berpelat nomor RI 1 untuk masa bakti 2019-2024.

(ant/rdk)

Berita Terkait

Baca Juga