Tersangka Makar Habil Marati Ajukan Penangguhan Penahanan

Tersangka Makar Habil Marati Ajukan Penangguhan Penahanan Yusril Ihza Mahendra

Covesia.com - Tersangka kasus dugaan perencanaan pembunuhan empat tokoh nasional, Habil Marati melalui tim kuasa hukumnya telah resmi mengajukan permohonan penangguhan penahanan ke polisi. Permohonan penangguhan penahanan diajukan dengan alasan kesehatan Habil.

"Permohonan penangguhan penahanan sudah diajukan, cuma masih dipertimbangkan penyidik," kata pengacara Habil, Yusril Ihza Mahendra saat dikonfirmasi detikcom, Senin (15/7/2019).

Yusril menyebut pengajuan permohonan penangguhan penahanan Habil sudah diserahkan beberapa waktu lalu, ke penyidik. Yusril meminta penahanan kliennya ditangguhkan karena kondisi kesehatan.

"Penangguhan penahanan itu karena dia kurang sehat. Jadi kalau KUHP itu kan penangguhan, yang bersangkutan tidak akan melarikan diri, tidak akan menghilangkan barang bukti, tidak akan mengulangi kesehatan. Itu alasan kalau menurut hukum," ungkap Yusril.

Yusril mengatakan pihak keluarga Habil Marati yang menjadi penjamin dalam permohonan itu. Saat ini, pihaknya masih menunggu jawaban penyidik atas permohonannya itu.

Habil Marati telah ditetapkan tersangka oleh polisi atas kasus dugaan rencana pembunuhan 4 tokoh nasional. Habil disebut memberikan uang sebesar SGD 15 ribu untuk uang operasional kepada Kivlan Zen.

Uang itu disebut-sebut diberikan ke Kivlan Zen untuk membeli senjata api ilegal. Kivlan lalu mencari eksekutor dan memberi target pembunuhan 4 tokoh nasional yaitu Wiranto, Budi Gunawan, Luhut Binsar dan Yunarto Wijaya bos lembaga survei Charta Politika.

(lif/dtc)

Berita Terkait

Baca Juga