Harga Cabai Merah Melonjak di Agam Capai Rp80.000/Kg

Harga Cabai Merah Melonjak di Agam Capai Rp80000Kg Ilustrasi pedagang cabai di Pasar Raya Padang, (Foto: Covesia/Primadoni)

Covesia.com - Harga cabai merah di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat, (Sumbar) kian hari semakin melonjak.

Pantauan Covesia.com di sejumlah pasar di kecamatan Lubuk Basung, Tanjung Raya dan Matur,  harga si merah pedas tersebut pada pekan ini mencapai Rp 80.000/kg, harga tersebut naik dari minggu lalu yang hanya Rp70.000.

"Bulan Juni lalu harga cabe merah, Rp45.000/kg kemudian bulan Juli naik menjadi Rp70.000 dan minggu ini naik lagi hingga Rp80.000," ujar Nita salah seorang pedagang rempah di pasar terminal Antokan kecamatan Lubuk Basung, saat di konfirmasi Covesia.com, Rabu (10/7/2019).

Hal senada juga diungkapkan Rendi, pedagang cabe merah di Kecamatan Matur, menurutnya tingginya harga cabe merah dipengaruhi oleh berkurangnya stock cabe merah dari pedagang pengumpul di sentral pasar sayur Padang Luar Kecamatan Banuhampu.

"Hasil Panen petani di Kabupaten Agam dan Sumbar umumnya  saat ini menurun, jadi cabe merah terpaksa didatangkan dari Sumatera Utara hal itu menyebabkan harga jual meningkat," terang Rendi.

Sementara itu Tini (36) Warga Lubuk Basung mengaku kesulitan mengatur uang belanja akibat tingginya harga cabe merah, hal itu juga disebabkan tingginya pengeluaran pada tahun ajaran baru dan Lebaran Idul Fitri kemarin.

"Kemarin kan habis lebaran dan dilanjutkan dengan tahun ajaran baru, jadi pengeluaran meningkat, ditambah lagi sebagian besar harga kebutuhan rumah tangga naik, tentunya ini sangat menyulitkan kami masyarakat," katanya mengeluh.

(han/don)

Berita Terkait

Baca Juga