Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, Pemerintah Kembangkan Tanaman Kopi di Nagari Duo Koto Agam

Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Pemerintah Kembangkan Tanaman Kopi di Nagari Duo Koto Agam Ilustrasi Kopi (detik.com)

Covesia.com - Tingkatkan ekonomi masyarakat, Pemerintah Nagari Duo Koto, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) kembangkan Tanaman kopi Arabi.

Walinagari II Koto Joni Safri mengatakan, Saat ini pemerintah nagari bersama kelompok tani setempat sudah melakukan pembibitan jenis kopi Arabika. 

"Tahap awal ini kita sudah menyemaikan 3000 batang bibit kopi dan dalam waktu dekat sudah bisa disalurkan ke masyarakat," ujarnya saat di konfirmasi Covesia.com Minggu, (7/7/2019).

Pembibitan tersebut merupakan salah satu program nagari tahun 2019 dalam menunjang perekonomian masyarakat dengan menggunakan Anggaran Dana Desa Nagari II Koto. 

"Sebelum melalukan pembibitan tentunya kita sudah belajar dan study banding ke petani di Nagari Peraiapan Dalko yang sudah lebih dulu melakukan pengembangan tanaman kopi setelah dirasa mampu dan mereka siap memberikan bimbingan barulah kita melakukan pembibitan," ulas Joni Safri.

Menurutnya Secara Geografis Nagari 2 Koto termasuk kawasan yang cocok untuk lokasi penanaman Kopi, nagari tersebut terletak di ketinggian lebih dari 600 Mdpl serta dan perbukitan jadi  memiliki suhu yang cukup sejuk. 

"Sebelum pengembangan tentunya kita pelajari dulu bagaimana keadaan iklim dan geografis Nagari Duo Koto, selain itu dalam sejarahnya masyarakat yang hidup di sekeliling Danau Maninjau dahulunya petani rempah dan kopi, itu cukup untuk meyakinkan kami," tutupnya.

(han)

Berita Terkait

Baca Juga