Kemlu: Jenazah Sutopo Akan Diberangkatkan ke Indonesia Hari ini

Kemlu Jenazah Sutopo Akan Diberangkatkan ke Indonesia Hari ini Sutopo Purwo Nugroho (foto: facebook)

Covesia.com - Kepala Pusat Data dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho meninggal dunia dini hari tadi di Guangzhou, China. Kementerian Luar Negeri (Kemlu) mengatakan jenazah akan dipulangkan ke Indonesia hari ini.

"Mudah-mudahan bisa diproses hari ini ya, lagi diproses oleh KJRI kita di Guangzhou," ujar Juru Bicara Kemlu Teuku Faizasyah saat dihubungi Minggu (7/7/2019). 

Namun Faizasyah mengatakan belum ada kepastian pukul berapa jenazah akan diberangkatkan ke Indonesia. Menurutnya proses pemulangan jenazah membutuhkan waktu.

"Saya kurang tahu jam berapa ya, kan proses jenazah tidak cepat ya," kata dia.

Faizasyah mengatakan saat ini almarhum Sutopo sedang berada di rumah sakit di Guangzhou, China. Selanjutnya Konsulat jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Guangzhou akan mengurus administrasi untuk kepulangan Sutopo.

"Diproses di rumah sakit tentunya ya, keluarga di sana dibantu oleh KJRI kita di Guangzhou. Nanti setelah siap untuk dipulangkan, nanti diproses surat-suratnya nanti dikirim pulang," ucap Faizasyah.

Lebih lanjut Faizasyah mengatakan bahwa Mentri Retno Marsudi telah meberikan ucapan duka cita. Menurutnya Kemlu akan memberikan bantuan maksimal untuk pemulangan jenazah.

"Betul, sebagai informasi saja ibu Menlu sudah bicara secara langsung dengan istri Almarhum, dengan ibu Sutopo menyampaikan belasungkawa dan juga memberikan kesiapan KJRI, atau Kemlu memberikan bantuan semaksimal mungkin untuk proses pemulangan jenazah," tuturnya.

Sesampainya jenazah di Indonesia, Faizasyah menyebut, Kemlu akan menyerahkan proses penyemayaman kepada pihak BNPB. Kemlu hanya memfasilitasi terkait pemulangan Kepala Pusat Data dan Humas BNPB itu.

"Nah itu silahkan dicek kepada BNPB. Kita hanya memfasilitasi kepulangan ke tanah air. Selanjutnya nanti silahkan ditanyakan ke BNPB," kata dia. 

Seperti di ketahui, Sutopo tutup usia di Guangzhou, China Minggu dini hari pada pukul 02.00 waktu setempat. Sutopo meninggal dalam perjuangannya melawan kanker paru-paru. Ia didiagnosis di sekitar awal Desember 2017 dan di tengah perjuangannya masih sempat bertugas mengawal kejadian bencana di Indonesia.

Sumber: Detikcom

Berita Terkait

Baca Juga