Soal Spanduk '#2020SandiUnoSumbar1', Sosiolog Sebut itu Efek 'Unomenologi'

Soal Spanduk 2020SandiUnoSumbar1 Sosiolog Sebut itu Efek Unomenologi Sosiolog Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Sumatera Barat Firdaus (Foto: Facebook Firdaus Daus)

Covesia.com - Sosiolog Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Sumatera Barat Firdaus menilai munculnya spanduk bertuliskan '#2020SandiUnoSumbar1' di sejumlah titik di Kota Padang merupakan bentuk efek 'Unomenologi'.

Secara sosiologis, lanjut pria yang kerap disapa Daus ini, hal itu lumrah dan sangat rasional karena muncul dari pengalaman individu-individu masyarakat Sumbar dengan Sandi Uno selama proses pilpres 2019.

Pengalaman-pengalaman ini lah, lanjutnya melekat dalam memory dan mungkin juga emosi pendukung Parabowo-Sandi.

"saking fenomenalnya bang Sandi dan segala pesonanya di Sumbar yang merupakan salah satu lumbung suara Prabowo-Sandi, Gerindra dan partai pendukung," terang Daus yang tengah menyelesaikan studi Doktoralnya di Universitas Indonesia ini kepada Covesia.com melalui pesan aplikasi Whatsapp, Jumat (5/7/2019).

"Bagaimanapun, Gerindra sebagai partai pendukung Prabowo-Sandi adalah pemenang Pileg di tingkat provinsi dan beberapa kabupaten kota di Sumbar. Termasuk partai pendukung mereka yang juga dapat efek jas," tambahnya.

Sehingga lanjut Daus, tidak tertutup kemungkinan, momori dan emosi itu yang tetap dijaga untuk kepentingan Pilkada Sumbar 2020, Terlepas dari apakah memang Sandi yang akan diusung atau tokoh lain yang terafiliasi dengan Sandi.

Sebelumnya diketahui spanduk bertulisan '#2020SandiUnoSumbar1' tersebar di sejumlah kawasan di Kota Padang Sumatera Barat (Sumbar). Pantauan covesia.com spanduk tersebut tersebar di beberapa titik, seperti di kawasan Mangunsarkoro dan Jalan Pemuda Kota Padang, dan beberapa titik lain.

Spanduk tersebut dengan background putih yang dipadukan garis hitam di pinggirnya, sementara tulisan #2020SandiUnoSumbar1 berwarna merah. Hingga berita ini diturunkan, belum diketahui siapa yang menyebar spanduk tersebut.

Baca: Beredar Spanduk '#2020SandiUnoSumbar1' di Kota Padang

(utr)

Berita Terkait

Baca Juga