Dari Nama Balon Gubernur Sumbar yang Bermunculan, Ekonom Tak Terlalu Optimis akan Beri Perubahan

Dari Nama Balon Gubernur Sumbar yang Bermunculan Ekonom Tak Terlalu Optimis akan Beri Perubahan Ilustrasi (Foto: Antara)

Covesia.com - Geliat Pilgub Sumbar 2020 mulai terasa. Sejumlah nama bakal calon (balon) gubernur dan wakil gubernur mulai mencuat ke publik.

Dari nama-nama yang muncul itu merupakan pemain lama di bidang politik mulai dari mantan kepala daerah kota dan kabupaten di Sumbar hingga politikus-politikus senayan yang berasal dari Sumatera Barat.

Dengan melihat sejumlah nama yang muncul, Pakar Ekonomi Universitas Andalas (Unand) Padang Sumbar Prof. Elfindri mengungkapkan tidak terlalu optimis nama-nama itu mampu memberikan perubahan di sektor ekonomi Sumbar.

Pasalnya nama-nama tersebut dinilainya akan bermain aman seperti sebelumnya sehingga diyakininya ekonomi di Sumbar akan biasa-biasa saja di Indonesia dan bahkan cenderung tidak ada perubahan.

"Sumbar butuh sosok pemimpin yang mampu memanfaatkan sektor ekonomi baik itu dari alam maupun budaya yang dimiliki. Dibutuhkan sosok yang gigih dan mampu berusaha keras karena ini tidak mudah," ungkapnya kepada Covesia.com, Selasa (2/7/2019).

Menurut lulusan Flinders University Austalia ini harus ada sosok baru yang memiliki terobosan baru dan semangat tinggi untuk memajukan sektor ekonomi di Sumbar.

"Kalau dari kalangan pengusaha harus pengusaha yang jujur dan gigih sehingga dalam 2-3 tahun sudah ada perubahan," terangnya.

"Sosok pengusaha muda seperti Dony Oskaria (kelahiran Tanjung Alam, Tanah Datar) komisaris Garuda Indonesia saat ini saya kira bisa jadi pertimbangan," tambahnya.

(utr)

Berita Terkait

Baca Juga