Jokowi Dapat Ucapan Selamat di Panggung ASEAN

Jokowi Dapat Ucapan Selamat di Panggung ASEAN Foto: Jokowi di KTT Asean (Twitter @jokowi)

Covesia.com - Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-34 di Bangkok, jadi panggung spesial untuk Presiden Joko Widodo (Jokowi). Perdana Menteri (PM) Thailand Prayut Chan-o-cha sebagai tuan rumah memberikan ucapan selamat ke Jokowi karena terpilih kembali sebagai Presiden RI untuk kedua kalinya.

Pernyataan itu disampaikan Prayut Chan-o-cha sesaat sebelum membuka rapat pleno KTT ASEAN ke-34 di The Athenee Hotel, Luxury Collection, Bangkok, Sabtu (22/6). Dari video yang diterima detikcom dari Biro Pers Media dan Informasi (BPMI) Sekretariat Presiden, Minggu (23/6/2019) Prayut memberikan ucapan selamat ke Jokowi di hadapan para pemimpin negara ASEAN yang hadir.

"Sebelumnya, saya gunakan kesempatan ini untuk mengucapkan selamat kepada Presiden Joko Widodo yang terpilih untuk kedua kalinya sebagai Presiden sejak April yang lalu," kata Prayut Cha-o-cha.

Mendengar ucapan tersebut, Jokowi terlihat mengangguk dan mengucapkan terima kasih.

Prayut juga mengatakan dirinya bangga bisa bertemu kembali dengan para kepala negara ASEAN yang diakuinya sebagai mitra yang baik bagi negaranya. Dia mengatakan pertemuan terakhir berlangsung di Singapura pada akhir tahun lalu. 

"Saya harap kesempatan ini bisa digunakan bagi kita bersama untuk bertukar visi dan pandangan, sehingga bisa bersama-sama menentukan arah dan tujuan ASEAN," katanya.

Jokowi menghadiri KTT ASEAN ke-34 di Bangkok sejak 22 Juni 2019. Dalam pleno tersebut, Jokowi menyampaikan apresiasi terhadap semua negara ASEAN yang telah memberikan kontribusi besar dalam pengembangan Outlook ASEAN mengenai Indo-Pasifik. Outlook itu sendiri merupakan usulan Indonesia yang telah diadopsi pada KTT ASEAN di Bangkok tersebut.

"Outlook ini mencerminkan sentralitas dan kekuatan ASEAN dalam menghormati prinsip-prinsip menjaga perdamaian, memperkuat budaya dialog, serta memperkokoh kerjasama," kata Jokowi.

Turut mendampingi Jokowi dalam pleno tersebut yakni Menko Polhukam Wiranto, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Duta Besar Indonesia untuk Thailand, Ahmad Rusdi.

Puluhan kepala negara sebelumnya telah memberikan ucapan langsung ke Jokowi tak lama setelah pelaksanaan Pilpres 2019 pada April lalu. Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi mengatakan pelaksanaan Pemilu 2019 di Indonesia banyak mendapat apresiasi dari negara-negara sahabat.

Setidaknya sudah ada 40 kepala negara dan 3 organisasi internasional yang memberikan ucapan selamat ke Jokowi. 

Retno mengatakan, ucapan selamat atas pelaksanaan pesta demokrasi itu mulai diberikan sejak proses penghitungan dimulai. Bahkan saat pengumuman hasil Pemilu 2019 oleh KPU, sejumlah kepala negara sahabat banyak yang menyampaikan selamat langsung kepada Jokowi sebagai Presiden. 

Retno mengatakan, tradisi ucapan selamat ini juga terbantukan dengan adanya teknologi baru. Ada yang menelepon langsung ke Jokowi, ada juga yang memberikan ucapan lewat cuitan di Twiiter.

"Tapi masih cukup banyak negara negara yang memakai cara yang tradisional. Tradisinya kalau kita diplomatik itu bersurat melalui saliran diplomatik. Sehingga waktunya pasti juga akan memakan waktu yang cukup lama. Kalau Twitter kan cepat. Dan terakhir yang menelepon Bapak adalah PM Kanada," kata Retno. 

Retno menyebut Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump juga telah menyampaikan ucapan selamat ke Jokowi lewat surat resmi. "PM Inggris waktu itu menelepon Bapak dan sebagainya," jelas Retno.

Sumber: Detikcom

Berita Terkait

Baca Juga