Pusat Oleh-oleh di Sumbar Ikut Terdampak Harga Tiket Pesawat Mahal

Pusat Oleholeh di Sumbar Ikut Terdampak Harga Tiket Pesawat Mahal Foto: Pusat oleh-oleh Ummi Aufa Hakim

Covesia.com - Kenaikan harga tiket pesawat sejak awal tahun turut memberikan dampak pada pengusaha Pusat oleh-oleh di Sumbar. Salah satunya Pusat oleh-oleh Ummi Aufa Hakim yang bertempat di Padang. Omset penjualan menurun dari tahun sebelumnya.

Manajer Pusat Oleh-oleh Ummi Aufa Hakim, Winda Nisrina mengatakan bahwa tahun ini jumlah pengunjung menurun. “Tahun sebelumnya kita stok, dua minggu lebaran sudah habis 80% namun untuk sekarang baru habis 50% padahal libur lebaran sudah mau selesai,” ungkapnya kepada Covesia.com Kamis, (20/6/2019).

“Sebenarnya tahun ini kita juga sudah mengurangi stok sebanyak 30% dari tahun sebelumnya. Namun,  penjualan masih 50% dan kita masih memiliki stok. Harusnya sudah habisa dan mengambil stok baru, jelasnya.

Winda bertutur harga tiket maskapai penerbangan yang mahal memang menjadi salah satu faktornya, ditambah lagi dengan efek bagasi berbayar. Tentu wisatawan akan berpikir-pikir ulang untuk berbelanja oleh-oleh sebab memakan tempat juga.

Ia berharap solusi dari pemerintah bagaimana wisatawan tetap memilih Padang sebagai tempat berwisata.  “Walaupun Padang memiliki potensi wisata yang baik , namun tiket untuk ke Padang mahal wisatawan akan kembali mempertimbangkan untuk ke Padang. Apalagi tiket ke luar negeri seperti Singapura lebih murah dari pada ke Padang,”jelasnya.

Pusat Oleh-oleh Ummi Aufa Hakim Cabang Padang sudah berdiri semenjak tahun 2015 lalu. Didirikan oleh Lukman El Hakim dan merupakan cabang ke -4, sebab 3 pusat Oleh-oleh Ummi Aufa Hakim berada di Bukittinggi.

Kontributor: Laila Marni

Berita Terkait

Baca Juga