PAD Pariwisata Selama Libur Lebaran di Pessel Lebih Rendah Dari Tahun Lalu

PAD Pariwisata Selama Libur Lebaran di Pessel Lebih Rendah Dari Tahun Lalu Salah satu Wisata di Pessel, Carocok Painan. (Foto: Indrayen/ Covesia)

Covesia.com- Pemerimaan Pemdapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pariwisata selama libur lebaran di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) ternyata lebih rendah dari tahun sebelumnya. 

Padahal, kunjungan wisatawan ke daerah itu menjadi nomor satu di sumbar dengan jumlah kunjungan terbanyak selama libur lebaran tahun ini.

Dimana, tingkat kunjungan ke kawasan wisata di daerah itu memcapai 795.747 kunjungan wisatawan, setelah itu di susul dengan Kota Padang, 330.000 wisatawan, Kota Pariaman 226.993 dan disusul Kota Bukittinggi 192.242 wisatawan.

Sedangkan sebelumnya, target PAD dari sektor wisata di daerah itu, Pemkab menargetkat sebesar Rp600 juta, dengan target kunjungan 45 ribu wisatawan. 

Sementara berdasarkan catatan Badan Pendapatan Daerah, hingga kini total omset yang masuk penjualan karcis selama musim libur lebaran masih Rp300 juta. Bahkan jauh lebih rendah dibandingkan dengan realisasi tahun sebelumnya yang di atas Rp500 juta

Terkait hal itu, Bupati Pessel Hendrajoni mengatakan, turunnya penerimaan karena masih adanya pungutan liar di sejumlah destinasi wisata yang ada di daerahnya.

"Memang. Kemaren karena masih ada pungutan liar di lokasi wisata," ungkap bupati pada wartawan Selasa (18/6/2019)

Ia menambahkan, pemerintah daerah akan fokus ke depannya untuk terus memeberantas pungutan liar di kawasan wisata didaerahnya.

"Kita bakal terus melakukan dan mencari cara untuk menghilangkan pungutan liar di kawasan wisata kita. Agar pengunjung tidak resah saat berkunjung,"katanya

Lanjutnya dikatakan, salah satu cara untuk mengatasi pungutan liar, pihak dari pemkab bakal melibatkan pelaku pemungutan liar dengan memberikannya lahan parkir.

"Dalam membenahi itu, semuanya nanti bakal kita pindahkan dan kita libatkan di lahan parkir,"tutupnya Bupati

Kontributor Pessel: Indra Yen

Berita Terkait

Baca Juga