Sejumlah Fitur Sosmed Diblokir, Pelaku Bisnis Online di Pariaman Menjerit

Sejumlah Fitur Sosmed Diblokir Pelaku Bisnis Online di Pariaman Menjerit Ilustrasi (Pixabay)

Covesia.com - Sejumlah pengusaha online shop di Pariaman mengeluhkan pembatasan fitur beberapa platform sosial media oleh pemerintah pusat. Pembatasan tersebut berdampak anjloknya transaksi bisnis online yang mayoritas masih berstatus UMKM.

"Iya, saya kira cuma sehari kemarin, nyatanya hingga hari ini masih susah kirim foto dan video melalui facebook, instagram, hingga whatsapp," ujar salah seorang pedagang online shop di Pariaman, Fitria Putri kepada Covesia.com, Jumat (24/5/2019). 

Kata dia, dengan pembatasan sejumlah fitur tersebut, bisnis online shop yang telah dia tekuni sejak tiga tahun terakhir terancam merugi, pasalnya banyak pesanan pembeli yang ditunda karena pembeli jadi kesusahan dalam melihat-lihat dagangan yang di pajang di sejumlah sosial media milik online shopnya.

"Kemarin ada tiga orderan yang dibatalkan. Ketiganya itu sepatu, omzetnya Rp900 ribu. Batalnya karena pembeli tak bisa lihat video dan foto sepatu secara rinci karena tak bisa kirim gambar, ke WA mereka," katanya.

Menurutnya, dua pekan menjelang lebaran merupakan minggu puncak orderan pembeli. Pasalnya seminggu jelang lebaran sejumlah jasa pengiriman barang tidak menerima jasa pengiriman lagi karena barang yang dikirim bakal menumpuk digudang dan tidak akan sampai sebelum lebaran. 

"Belum lagi biaya pengiriman yang naik juga karena jelang lebaran. Ya seharusnya pekan ini tidak ada gangguan di sosmed sehingga transaksi kami yang notabene pelaku UMKM bisa lancar," harapnya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator (Menko) Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam), Wiranto menyebut Pemerintah melakukan pembatasan sejumlah fitur sosial media hingga 2-3 hari ke depan, artinya bisa sampai tanggal 25 Mei 2019.

"Jadi berkorban 2-3 hari tidak bisa lihat gambar tidak apa-apa, ini semata untuk keamanan nasional," ujarnya saat menggelar jumpa pers di kantornya, Rabu (22/5/2019).

Kontributor Pariaman: Almurfi Syofyan


Berita Terkait

Baca Juga