Hendardi Mengaku Tak Pernah Tawarkan Diri Jadi Pansel KPK

Hendardi Mengaku Tak Pernah Tawarkan Diri Jadi Pansel KPK Ketua Setara Institute, Hendardi (Jhon Rico/ Covesia.com)

Covesia.com- Ketua Setara Institute, Hendardi mengatakan bahwa dirinya tidak pernah menawarkan diri untuk menjadi anggota Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Pansel KPK).

"Jika ada tanggapan masyarakat biar saja. Itu hak mereka dalam berpendapat. Saya kan juga tidak menawarkan diri menjadi Pansel," kata Hendardi saat dikonfirmasi Covesia.com, Senin (20/5/2019).

Ia pun mengaku baru mengetahui namanya masuk menjadi anggota Pansel KPK pada hari Jumat, (17/5) lalu. Menurut dia, belum ada rapat dan pelantikan anggota Pansel KPK tersebut. 

"Saya baru diberitahu jadi Pansel Jumat kemarin. Belum ada rapat pansel mas. Belum juga dilantik," ujar dia.

Hendardi menjelaskan bahwa rapat terkait Pansel KPK baru akan dilakukan sore hari ini. "Senin (20/5) sore ini baru ada rapat Pansel," ujar dia.

Kendati demikian, ia tidak menyebutkan siapa yang akan memimpin rapat tersebut.

Sebelumnya diberitakan, Koalisi Masyarakat Sipil Antikorupsi Wilayah Sumatera meminta Presiden Joko Widodo merombak total panitia seleksi calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Koalisi Masyarakat Sipil ini terdiri dari lembaga masyarakat sipil Fitra Riau, PUSaKO FH-Unand, SAKA, GeRAK Aceh Perkumpulan Integritas, Bhakti UBH dan Jikalahari.

“Kami, Masyarakat Sipil Antikorupsi Wilayah Sumatera menuntut Presiden Joko Widodo untuk merombaK total Pansel Calon Pimpinan KPK 2019-2023 agar Presiden tidak dituduh hendak menghancurkan KPK dari dalam," kata Charles Simabura (PUSaKO) dan Helmi (Bhakti) dalam keterangan tertulisnya kepada Covesia.com, Senin (20/5/2019).

Diketahui, Presiden sudah membentuk Pansel KPK. Tim ini terdiri dari sembilan orang yang akan bertugas menyaring dan memilih calon pimpinan KPK. 

Kesembilan orang tersebut yakni Ketua Pansel Yenti Garnasih, Wakil Ketua Indriyanto Seno Adji, Anggota Harkristuti Harkriswono, Hamdi Moeloek, Marcus Priyo, Hendardi, Al Araf, Diani Sadia dan Mualimin Abdi.

(jon)

Berita Terkait

Baca Juga