Polisi: Baru Satu Korban Melapor Soal Kasus Penggelapan Dana di BRI Payakumbuh

Polisi Baru Satu Korban Melapor Soal Kasus Penggelapan Dana di BRI Payakumbuh Ilustrasi

Covesia.com - Kasat Reskrim Polres Payakumbuh, AKP Ilham menyebutkan pihaknya sudah mengetahui kasus oknum karyawan BRI yang melakukan penggelapan dana nasabah dan korupsi uang bank BRI cabang Payakumbuh. Namun, sampai saat ini baru satu korban yang melapor ke Polres Payakumbuh.

“Ada satu yang melaporkan dugaan penggelapan dana dengan terlapor AG pada Maret 2019. Korban merasa dirugikan sekitar Rp 20 juta,” kata Ilham kepada wartawan, Jumat (17/05/2019).

Saat ini, Polres Payakumbuh sedang memeriksa terlapor dan pelapor terkait kasus ini, serta memanggil beberapa orang saksi dalam proses penyiapan proses perkara.

Ilham menyebutkan kronologis berawal dari pelapor yang ingin menggadaikan sertifikat tanah, namun sertifikat tersebut digadaikan oleh AG yang saat ini sudah ditahan oleh Kejaksaan Negeri Payakumbuh.

“Korban ingin menggadaikan sertifikat tanahnya. Tetapi sudah digadaikan oleh AG,” katanya.

Ia juga mengatakan, dalam kasus untuk korban yang telah melapor ke Polres Payakumbuh, sedang diselesaikan.

Dalam waktu dekat, katanya, akan dilimpahkan ke kejaksaan. Saat ini untuk kasus korupsi dana BRI yang notabene BUMN ditangani oleh kejaksaan.

“Berkasnya hampir lengkap dan akan kami limpahkan ke kejaksaan. Itu untuk yang melapor ke Polres Payakumbuh. Jika yang korupsi dana Bank BRI oleh AG, sudah ditangani oleh kejaksaan,” katanya.

Sebelumnya, kepala Kejaksaan Negeri Payakumbuh, Nur Tamam SH mengatakan pihaknya telah melakukan penahanan kepada salah seorang oknum Karyawan Bank BRI Payakumbuh Unit Nusantara Barat Koto Nan Ampek karena telah melakukan penggelapan dana nasabah dan korupsi uang Bank BRI. Praktek ini telah berlangsung sejak tahun 2018 yang ditaksir berjumlah miliaran rupiah.

(agg/rdk)

Baca: Dugaan Penggelapan dan Korupsi, Oknum Pegawai BRI Payakumbuh Rugikan Negara Miliaran Rupiah

Baca juga: Oknum Karyawan BRI Gelapkan Miliaran Uang Nasabah untuk Judi Online

Berita Terkait

Baca Juga