Harga Bahan Pokok di Pasaman Stabil

Harga Bahan Pokok di Pasaman Stabil Foto: Heri Sumarno/covesia

Covesia.com - Harga sejumlah komoditi di Kabupaten Pasaman, Sumbar berangsur stabil di minggu kedua Ramadhan

Kadis Perindagnaker, Edison melalui Kabid Perdagangan Ishak mengatakan bahwa minggu lalu harga sejumlah komoditi sembako sempat melonjak tajam.

"Awal Ramadhan sempat naik yang dialami sembako seperti ayam, daging dan sayur dengan kenaikan berkisar dari Rp3 ribu hingga Rp30 ribu. Bahkan Bawang Putih mencapai Rp90 ribu per Kilogramnya. Tetapi sekarang sudah berangsur stabil,"kata Ishak.

Melonjaknya harga sejumlah sembako di daerah itu, kata dia, disebabkan akan tingginya permintaan konsumen menjelang Ramadhan. Sementara stok barang terbatas.

"Saat ini untuk harga daging sapi stabil Rp120 ribu, Ayam Rp25 ribu, Ikan Mas Rp28 ribu, dan ikan Nila Rp25 ribu per Kilogram. Sedangkan untuk bawang putih turun ke harga Rp48 ribu, bawang merah Rp30 ribu, bawang bombay Rp12 ribu, Kentang dan Tomat Rp10 ribu per Kilogramnya,"terangnya.

Sementara untuk stok beras diperkirakan aman hingga Idul Fitri. "Sebab sejumlah daerah di Pasaman baru saja melewati musim panen. Kita perkirakan stok aman dan harga stabil. Untuk harga beras pulau saat ini Rp12.500,-, Sokan Rp12.500,- dan beras 42 lokal Rp11 ribu per Kilogram," katanya.

Selanjutnya untuk perkembangan harga kebutuhan akan kue seperti tepung juga terpantau sangat stabil. "Tepung terigu (sejenis) Rp8.500,-, Gula pasir Rp14 ribu, Kacang Tanah Rp28 ribu, Cabe Rp28 ribu per Kilogram,"ujarnya.

Meskipun demikian kata dia, pihaknya akan terus melakukan pemantauan terhadap harga sembako agar terus stabil hingga lebaran nanti. Kemudian bakal menindak tegas jika ada permainan harga oleh oknum di Pasar.

(hri)

Berita Terkait

Baca Juga