Tips Perjalanan Umrah Nyaman dan Aman yang Perlu Diketahui

Tips Perjalanan Umrah Nyaman dan Aman yang Perlu Diketahui ilustrasi

Covesia.com - PT Dawood Andalan Haramain, perusahaan travel ibadah haji dan umrah membagikan tips perjalanan umrah yang nyaman dan aman bagi masyarakat yang ingin menunaikan ibadah umrah.

"Yang mau berangkat umrah harus bisa memastikan 5 pasti sesuai anjuran kemenag, yakni pasti travelnya, pasti jadwalnya, pasti terbangnya, pasti hotelnya dan pasti visanya," ungkap Kepala PT Dawood Andalan Haramain cabang Bukittinggi, Rismayenti.

Ia menyebutkan jika masyarakat telah mengenali 5 pasti itu, Insha Allah perjalanan umrah yang dilakukan akan terasa nyaman dan aman, karena banyak jemaah umrah yang tertipu oleh biro perjalanan dengan alasan beragam, mulai dari permasalahan visa, pesawat hingga tempat penginapan. 

"Semua hal itu harus diperhatikan agar bisa mendapatkan perjalanan umrah yang memuaskan," katanya.

Rismayenti menjelaskan, selama ini permasalahn perjalanan umrah disebabkan oleh biro perjalanan yang tidak punya modal sehingga harus mengumpulkan uang jamaah dan terpaksa memakai sistem gali lobang tutup lobang.

"Bayar dulu baru ada tiketnya. Bayar dulu baru ada pesawat dan hotelnya. Jika ada biro perjalanan yang mempermasalahkan visa, hotel atau pesawat, berarti biro perjalanannya tidak sanggup membayar. Tak heran jika banyak jemaah yang umrahnya tertunda atau gagal berangkat karena hal itu. Bahkan ada yang minta uang tambahan ke jemaah dengan berbagai alasan," jelas Rismayenti.

Ia menyarankan kepada jemaah yang mau berangkat umrah untuk mengecek informasi keberangkatan yang ditawarkan biro perjalanan. 

(deb)

Berita Terkait

Baca Juga