KPAI Panggil PT Mayora Terkait Produk Ramah Anak

KPAI Panggil PT Mayora Terkait Produk Ramah Anak Pimpinan KPAI, Susanto didampingi Komisioner Bidang Kesehatan, Sitti Hikmawatty (kanana) saat melakukan pemanggilan pihak PT Mayora (kiri) di Jakarta ( Doc KPAI)

Covesia.com - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) melakukan pemanggilan terhadap perwakilan dari PT Mayora, perusahaan yang memproduksi salah satunya makanan jajanan anak yang cukup besar di Indonesia.

Komisioner Bidang Kesehatan dan Napza KPAI, Sitti Hikmawatty kepada Covesia.com, Rabu (15/05/2019) mengatakan pemanggilan tersebut dilakukan sehubungan adanya laporan atau pengaduan masyarakat terkait adanya istilah yang multi tafsir dalam Produk Kemasan Beng-Beng edisi khusus yakni edisi Gombal, yang membuat kata-kata 'Jadwal Mencinta'.


"PT Mayora yang diwakili Divisi Marketingnya menjelaskan bahwa edisi ini adalah edisi khusus yang memiliki jangka waktu produksi yang singkat (tiga bulan) dan seharusnya saat ini telah berakhir. Namun boleh jadi untuk 'sisa' produk. Mungkin masih bisa ditemukan, karena kemungkinan belum semuanya terserap oleh pembeli," kata Sitti Hikmawatty.

Kemudian pihak PT Mayora kata dia, menjelaskan pula bahwa target segmentasi produk Beng-beng ini adalah remaja usia18-24 tahun.

"Jadi semestinya mereka sudah cukup mampu memberikan tafsir positif terhadap kata-kata tersebut. Selain itu, kemasan edisi khusus ini juga telah mendapatkan izin edar dari Institusi BPOM (Badan Pengawasan Obat dan Makanan)," katanya.

Pihak KPAI pada kesempatan itu kata dia, menjelaskan tentang Hak-hak anak berdasarkan Konvensi Hak Anak (KHA), serta kedudukan Hak Anak dalam system perundang-undangan di Indonesia.

Terutama pada hak tumbuh kembang secara optimal dan hak Kepentingan Terbaik bagi anak, salah satunya adalah memberikan stimulasi dan lingkungan (millieu) yang baik, tegas, jelas dan positif agar tercapainya tumbuh kembang yang baik bagi mereka.

"Walaupun anak bukan sasaran utama dari produk Beng-beng. Namun anak termasuk yang juga menjadi konsumen, dan jumlahnya juga cukup besar. Maka penggunaan kata-kata khusus apalagi hingga menjadi sebuah tag line, perlu dipertimbangkan masak-masak,"ungkapnya.

Untuk itu KPAI menyarankan ke depan untuk membuat edisi khusus tentang edisi motivasi, dan hal ini disambut baik oleh pihak manajemen. KPAI juga akan melakukan koordinasi dan kerjasama pada pihak BPOM, untuk sama-sama mendukung upaya memberikan jaminan hak kepentingan terbaik bagi anak, pada produk-produk yang diawasi BPOM dan terkait dengan anak.

"Alhamdulillah, pihak manajemen PT Mayora akan lebih memperhatikan lagi upaya mendukung hak kepentingan terbaik bagi anak. Sebagai bagian kepedulian perusahaan dalam mendukung dunia usaha yang ramah anak, terutama melalui produk-produk makanan yang memiliki kaitan erat dengan anak seperti produk Waffer, permen dan lain-lain, dengan menyisipkan pesan-pesan yang positif pada anak," tutupnya.

(eri)

Berita Terkait

Baca Juga