Bawaslu Rekomendasikan 53 TPS di Padang Lakukan Pemungutan Suara Ulang

Bawaslu Rekomendasikan 53 TPS di Padang Lakukan Pemungutan Suara Ulang Ketua Bawaslu kota Padang, Dorri Putra (Foto: Covesia: Doni Syofiadi)

Covesia.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) kota Padang, Sumatera Barat merekomendasikan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk melakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di 53 TPS (Tempat Pemungutan Suara) yang tersebar di enam kecamatan.

"Kita sedang merekomendasikan agar 53 TPS ini dilakukan pemungutan ulang, dan kami tengah menunggu keputusan dari KPU apakah ke-53 layak dilakukan PSU, dan kapan dilakukan!," ujar ketua Bawaslu kota Padang, Dorri Putra di Padang, Sabtu (20/4/2019).

Menurut Dorri, TPS tersebut melakukan pelanggaran terkait pemilih dari luar provinsi Sumbar dan yang beda kecamatan melakukan pencoblosan.

"Berdasarkan temuan kami, ada pemilih yang tidak terdaftar dalam DPT (Daftar Pemilih Tetap), DPTb (Daftar Pemilih Tambahan) dan tidak layak jadi DPK (Daftar Pemilih Khusus)."

"Pemilih yang mencoblos tersebut berasal dari luar Sumbar dan pemilih yang beda kecamatan di kota Padang, namun tidak mengurus formulir A5 atau surat pindah memilih. Berdasarkan peraturan perundang-undangan ini layak direkomendasikan pemungutan suara ulang," terang Dorri.

Temuan 53 TPS itu tersebar di enam kecamatan yakni, Kecamatan Koto Tangah, Nanggalo, Padang Timur, Lubuk Begalung, Lubuk Kilangan dan Kuranji.

(dnq)

Berita Terkait

Baca Juga