Jokowi-Amin Sementara Unggul di Kediri

JokowiAmin Sementara Unggul di Kediri istimewa

Covesia.com - Suara pasangan calon Presiden dan calon Wakil Presiden nomor urut satu, Joko Widodo - KH Ma'ruf Amin unggul sementara 81,46 persen dari pasangan calon nomor urut dua, Prabowo Subianto - Sandiaga Uno di Kediri, Jawa Timur, setelah pemberian hak suara dalam Pemilu 2019, pada Rabu (17/4).

Ketua KPU Kota Kediri Agus Rofik mengatakan hasil itu masih sementara dalam perhitungan yang berdasarkan real count yang dimuat dalam sistem informasi penghitungan suara (Situng) Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

"Itu data yang berhasil masuk di Situng KPU RI, yang lain belum," katanya saat dikonfirmasi, Jumat.

Dikutip dari situs resmi pemilu2019.kpu.go.id, Jumat (19/4/2019) pukul 10.00 WIB, suara real count yang masuk baru mencapai 15,85 persen atau baru memuat 154 dari 971 total tempat pemungutan suara (TPS) di KPU Kediri. Hasil perolehan sementara itu, suara Jokowi-Ma'ruf mencapai 81,46 persen atau dengan 24.135 suara, sedangkan Prabowo-Sandiaga adalah 18,54 persen atau dengan 5.491 suara.

Hingga kini, proses memasukkan data juga terus dilakukan, hingga semua selesai.

Sementara itu, saat ini di Kota Kediri masih berlangsung proses rekapitulasi di tingkat kecamatan. Proses itu mulai Jumat (19/4) dan direncanakan hingga 10 hari ke depan.

Komisioner KPU Kota Kediri Wahyudi mengungkapkan proses rekapituslasi itu dilakukan serentak di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Kota, Mojoroto, dan Pesantren. Setelah proses rekapitulasi di tingkat kecamatan selesai akan dilakukan di tingkat kota.

"KPU Kota Kediri merencanakan proses rekapitulasi itu antara tanggal 29-30 April 2019," kata Wahyudi.

Sementara itu, disinggung terkait dengan tingkat partisipasi memilih warga di Kota Kediri saat Pemilu 2019, Wahyudi mengatakan cukup baik. Dari sejumlah TPS yang dijadikan sebagai contoh, misalnya di Kelurahan Bandar Kidul dan Pojok, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, angka partisipasi masyarakat hingga 91 persen.

"Sebenarnya kami belum hitung semua, namun dari beberapa sampel yang kami ambil di angka 91 persen. Dari KPU RI target partisipasinya adalah 77,5 persen, dan dari KPU Kota Kediri adalah 80 persen. Alhamdulillah, dari sampel itu bisa di angka 91 persen," kata dia.

Di Kota Kediri, jumlah daftar pemilih tetap (DPT) yakni 201.850 jiwa. Jumlah itu belum termasuk daftar pemilih tambahan (DPTb) yang diputuskan sebanyak 8.731 pemilih. Mereka warga dari luar Kota Kediri yang ikut pindah pilih di Kediri, sedangkan warga Kota Kediri yang pindah pilih ke kota lain tercatat 996 pemilih. Semuanya tersebar di 46 kelurahan di tiga kecamatan. 

(ant/dnq)

Berita Terkait

Baca Juga