Pelaksanaan Pemilu 2019 di Badui Berjalan Lancar

Pelaksanaan Pemilu 2019 di Badui Berjalan Lancar Warga Badui acungkan tangan yang terlihat tinta hitam setelah mencoblos di kotak suara TPS Kadu Ketug kawasan permukiman Badui. (antara)

Covesia.com- Pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) di kawasan masyarakat Badui di pedalaman Kabupaten Lebak, Provinsi Banten berjalan lancar tanpa hambatan dan kendala.

Pemuka adat Badui yang juga Kepala Desa Kanekes Kecamatan Leuwidamar Kabupaten Lebak Saija, Kamis (18/4/2019), mengatakan, secara umum pemilu yang dilaksanakan 17 April 2019 di kawasan tanah hak ulayat Badui berjalan lancar.

Meski topografi kawasan Badui dikelilingi pegunungan dan perbukitan.

Pelaksanaan pencoblosan pemilu yang digelar pagi dan penghitungan perolehan suara hingga sore hari tepat waktu.

Namun, beruntung cuaca di sini tidak dilanda hujan dan angin kencang.

Karena itu. pendistribusian logistik dari panitia pemungutan kecamatan (PPK) ke 27 tempat pemungutan suara (TPS) berjalan lancar.

"Kami tidak terbayangkan jika cuaca buruk dipastikan pelaksanaan pencoblosan pemilu terhambat," katanya menjelaskan.

Menurut Saija, pelaksanaan pemilu di kawasan pegunungan Kendeng cukup ramai dan padat hingga warga Badui berbondong-bondong mendatangi TPS masing-masing.

Warga Badui memiliki kewajiban sebagai warga negara yang baik untuk menentukan pilihan kepada pasangan calon presiden, legislatif tingkat DPR, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

Bahkan, masyarakat Badui harus turun gunung dari ladang huma yang tersebar di Cileles, Gunungkencana, Sobang Muncang, Leuwidamar, Cirinten dan Bojongmanik.

Masyarakat Badui bersemangat dan antusias hingga memadati 27 TPS untuk mensukseskan pemilu 2019.

Mereka warga Badui yang masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) pemilu 2019 tercatat 6.873 jiwa terdiri dari laki-laki 3.641 jiwa dan perempuan 3.232 jiwa dan tersebar di 27 TPS.

"Kami minta warga Badui berpartisipasi menggunakan hak pilih dan tidak golput," katanya.

Ketua Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) TPS 01 Kadu Ketug Desa Kanekes Kecamatan Leuwidamar Kabupaten Lebak Gugun mengatakan, pihaknya tidak menemukan adanya bentuk pelanggaran pemilu dan kecurangan di kawasan warga badui.

"Kami mengapresiasi pesta demokrasi di Badui berlangsung aman dan damai," katanya.

(ant/jon)


Berita Terkait

Baca Juga