KPU Nyatakan Tak Ada Kekurangan Surat Suara di Provinsi Riau

KPU Nyatakan Tak Ada Kekurangan Surat Suara di Provinsi Riau Ilustrasi (Ist)

Covesia.com - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau, Ilham Yasir, menyatakan tidak ada kekurangan surat suara pada penyelenggaraan Pemilu serentak 2019 di 12 kabupaten/kota di Riau.

“Semua kekurangan surat suara sudah dikirimkan,”  terangnya saat meninjau Pemilu di TPS 03 Kelurahan Simpang Empat, Pekanbaru, Rabu.

Bahkan, Ilham mengatakan KPU Riau sudah menjalankan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) untuk mengakomodir lebih banyak pemilih dengan menambah jumlah tempat pemungutan suara (TPS).

Menurut dia, ada tujuh TPS baru sebagai penambahan di sejumlah kabupaten/kota.

Rinciannya adalah empat TPS di Kabupaten Pelalawan, dan masing-masing satu TPS tambahan di Indragiri Hilir, Indragiri Hulu, dan Kota Dumai.

“Jadi total di Riau ada 17.637 TPS,” ujarnya.

Berdasarkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019 hasil perbaikan ketiga, jumlah pemilih di Provinsi Riau sebanyak 3.863.305 orang. Rinciannya ada 1.963.288 pemilih laki-laki dan 1.900.017 perempuan.

Berdasarkan pantuan ANTARA di lapangan, sejumlah warga mengeluhkan karena tidak dapat memilih karena kehabisan surat suara. Salah satunya terjadi di TPS 18 Kelurahan Binawidya Tampan, Pekanbaru.

Ketua DPRD Riau, Septina Primawati Rusli, menanggapi adanya TPS yang kekurangan surat suara dengan meminta KPU untuk segera mencarikan jalan keluarnya.

"Kalau ada yang kekurangan surat suara harus dicarikan solusinya. Jangan sampai surat suara tak cukup, masyarakat tidak menyoblos. Ini yang tidak kita inginkan. Kita imbau KPU untuk segera merespon ini," kata Septina. (Antara)

Berita Terkait

Baca Juga