Foto Tertukar dengan Caleg Gerindra, Caleg PDIP Ini Protes

Foto Tertukar dengan Caleg Gerindra Caleg PDIP Ini Protes Foto: Mentawaikita.com

Covesia.com - Foto caleg kabupaten di dapil 1 atau di Pulau Sipora ada yang tertukar antara satu partai dengan partai lain, membuat caleg yang bersangkutan protes menilai kelalaian ini merugikannya. 

Foto caleg yang tertukar yakni foto caleg PDI Perjuangan masuk ke kolom foto caleg Gerindra begitu sebaliknya foto caleg Gerindra masuk ke kolom caleg partai PDI Perjuangan. Biasanya sebelum masuk TPS pemilih akan melihat foto-foto para caleg di dekat pintu masuk TPS.

Sementara nama caleg yang tertera dalam kolom Daftar Calon Tetap (DCT) tidak ada yang berubah, meski tertukar foto di DCT yang ditempel di lokasi TPS tetapi dalam surat suara formatnya sudah benar.

"Ini merugikan kita bagi caleg, ada yang kenal foto kita tetapi karena ada di kolom caleg lain jadi partai atau caleg lain yang dapat suara," kata Imas Herawati salah satu caleg di Sipora, dilansir dari laman mentawaikita.com, Rabu (17/4/2019).

Ada juga beberapa pemilih protes KPU Kabupaten Kepulauan Mentawai bahwa ada beberapa TPS tidak mencantumkan contoh surat suara di lokasi TPS, ada pun yang ditempel tetapi tak ada contoh surat suara seperti DCT caleg DPRD Provinsi.

Ketua KPU Kabupaten Kepulauan Mentawai, Eki Butman mengatakan tertukarnya foto caleg tersebut bukan kesalaha di KPU Mentawai tetapi di KPU RI. "Format letak foto sama kita sudah benar, kesalahannya di KPU RI saat mencetak," kata Eki.

Untuk merubahnya kembali, kata Eki tidak terkejar lagi karena waktu sudah mepet. "Jadi saya minta KPPS untuk mencabutnya," kata Eki. 

(lif)

Berita Terkait

Baca Juga