Warga di TPS 235 Duri Kosambi Bingung Cari Nama Caleg di Kertas Suara

Warga di TPS 235 Duri Kosambi Bingung Cari Nama Caleg di Kertas Suara Seorang warga melihat nama caleg di TPS 235 Duri Kosambi Cengkareng, Jakbar. (Jhon Rico/ Covesia.com)

Covesia.com- Warga di RT 009/RW 14 Cengkareng Jakarta Barat berduyun- duyun memberikan hak suaranya di TPS 235 Duri Kosambi, Cengkareng Jakarta Barat.

Dari beberapa warga yang datang, tak sedikit yang mengatakan masih bingung dengan banyaknya nama calon legislatif (Caleg) di kertas suara yang diberikan. 

Setiap pemilih di TPS tersebut akan diberikan empat kertas suara yang terdiri dari Capres/Cawapres, DPR RI, DPRD DKI dan DPD DKI.

Ditemui Covesia.com, Rabu (17/4/2019), usai mencoblos di TPS 235, Warga Duri Kosambi Bestina Purba mengatakan, bingung ketika membuka surat suara caleg. Menurut dia, nama- nama caleg begitu banyak. 

"Kertas suaranya ada empat. Pas buka kertas suara caleg saya bingung banyak sekali nama- namanya. Saya taunya cuma kertas yang ada 2 gambar Capres dan Cawapresnya aja," kata dia.

Bestina mengaku sudah mempunyai nama calon caleg yang akan dipilihnya. Namun, tetap saja ia masih bingung ketika melihat banyaknya nama caleg di kertas suara tersebut. "Banyak banget calegnya. Bingung saya cari nama calon saya," kata dia.

Hal senada juga diungkapkan warga lain, Rore. Menurutnya, nama- nama caleg yang begitu banyak membuat dirinya sulit mencari nama caleg pilihanya. 

"Saya sudah punya pilihan. Tapi pas dibilik suara, malah bingung cari nama calon saya tersebut. Jadi agak lama tadi nyoblosnya," aku dia.

Selain itu, kata dia, di kertas suara DPR RI dan DPRD DKI Jakarta tidak ada foto gambar calegnya. 

"Hanya nomor urut partai dan nama- nama caleg saja. Jadi harus benar- benar teliti mencari nama caleg kita. Takut salah nyoblos," terang dia.

Pantauan Covesia.com, di papan pengumuman TPS 235 ada nama dan foto dua Capres dan Cawapres yang ikut dalam Pemilu 2018. Selain itu, terdapat pula nama caleg lengkap dengan foto partai pengusungnya.

Caleg DPR RI Daerah Pemilihan DKI Jakarta 3 untuk PKB ada 8 caleg, Gerindra 8 caleg, PDIP 8 caleg, Golkar 8 caleg, Nasdem 8 caleg, Partai Garuda 2 caleg, Partai Berkarya 8 caleg, PKS 8 caleg, Perindo 8 caleg, PPP 8 caleg, PSI 8 caleg, PAN 8 caleg, Hanura 6 caleg, Demokrat 8 caleg, PBB 8 caleg dan PKPI 3 caleg.

Untuk DPRD DKI Jakarta 9 terdiri dari PKB 12 caleg, Gerindra 12 caleg, PDI P 12 caleg, Golkar 12 caleg, Nasdem 12 caleg, Partai Garuda 4 caleg, Partai Berkarya 12 caleg, PKS 12 caleg, Perindo 12 caleg, PPP 12 caleg, PSI 12 caleg, PAN 12 caleg, Hanura 12 caleg, Demokrat 12 caleg, PBB 12 caleg dan PKPI 7 caleg.

Sedangkan calon perseorangan untuk DPD DKI Jakarta ada 26 caleg. 

(jon)


Berita Terkait

Baca Juga