KPU Pariaman Musnahkan Ribuan Surat Suara Rusak dan Tak Terpakai

KPU Pariaman Musnahkan Ribuan Surat Suara Rusak dan Tak Terpakai Foto: Almurfi Sofyan

Covesia.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pariaman, Sumatera Barat memusnahkan sebanyak 5.637 surat suara rusak di halaman depan kantor KPU dengan cara dibakar, Selasa malam (16/4/2019).

"Pemusnahan itu dilakukan karena surat suara tersebut mengalami kerusakan saat percetakan dan yang tidak terpakai," kata Ketua KPU Pariaman, Abrar Aziz, usai pemusnahan tersebut.

Menurut Abrar, dari total 5.637 surat suara yang dimusnahkan tersebut, paling banyak surat suara untuk pemilihan DPD RI 3.524 lembar. Sementara untuk surat suara paling sedikit dimusnahkan adalah surat suara DPRD Kota Dapil 2 yang hanya 86 lembar.

Selanjutnya surat suara kedua terbanyak dimusnahkan oleh KPU Kota Pariaman yakni surat suara pemilihan presiden dan wakil presiden yang tercatat 1.255 lembar. Sementara surat suara DPR RI dapil 2 dimusnahkan sebanyak 230 lembar.

"Untuk DPRD Sumbar Dapil 2 kita musnahkan 309 lembar surat suara," jelasnya.

Selain itu untuk DPRD Kota Dapil 1, KPU Pariaman memusnahkan 135 lembar surat suara dan DPRD Kota Dapil 3 sebanyak 98 lembar surat suara.

Abrar Aziz juga mengatakan pemusnahan surat suara dilakukan sesuai dengan Surat Edaran KPU RI Nomor 667, yang isinya menyebutkan surat suara yang berlebih atau rusak harus dimusnahkan sebelum hari pencoblosan.

Sementara itu, Wali Kota Pariaman, Genius Umar menghimbau kepada seluruh warganya untuk datang beramai-ramai ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk mensukses Pemilu serentak tersebut.

"Ini merupakan pesta demokrasi yang merupakan ciri utama dari negara demokrasi. Ayo kita sukseskan pemilu ini dan tidak ada kegaduhan di esok hari," tutupnya.

Kontributor Pariaman: Almurfi Sofyan

Berita Terkait

Baca Juga