DPT di Sejumlah Daerah Mentawai Banyak yang Tidak Sesuai Dengan Data Pantarlih

DPT di Sejumlah Daerah Mentawai Banyak yang Tidak Sesuai Dengan Data Pantarlih ilustrasi

Covesia.com - Data Daftar Pemilih Tetap di sejumlah TPS di desa Tuapejat diketahui banyak yang tidak sesuai dengan data Panitia Daftar Pemilih (PANTARLIH). 

"Ada sekitar 50 yang tidak sesuai DPT nya," ungkap Geli Nehe Ketua KPPS 03 dusun Camp I di kantor desa Tuapejat, selasa (16/4/2019). 

Ia mengatakan bahwa data dari Pantarlih sudah diberikan kepada  Panitia Pemungutan Suara (PPS) kemudian PPS menyerahkan ke KPU. 

"Selama satu bulan, data yang keluar bukan yang didata atau diverifikasi pantarlih, tetap sama," kata Geli. 

Ia mengatakan bahwa data tersebut sudah diminta diubah  hingga empat kali namun tidak ada perubahan. 

Selanjutnya, pihaknya tidak membagikan formulir C6 / surat undangan memilih bagi warga  yang tidak sesuai data pantarlih. 

Pada tempat bersamaan, Ucok PPS desa Tuapejat menambahkan bahwa masih banyak DPT yang tidak masuk dalam data.

" Dari 16 TPS di desa Tuapejat masih banyak kendala dan kekurangan DPT. Warga yang sudah meninggal dan pindah, tetap dimasukkan, padahal data dari Pantarlih sudah diberikan keterangan. Bahkan nama pantarlih tidak keluar di DPT," ungkap Ucok. 

Sementara itu Pusuibiat Kepala Desa Tuapejat saat bersamaan menambahkan bahwa ada data warga yang double DPTnya. 

"Seharusnya, data pantarlih yang dipakai karena sudah dicek dan lebih akurat apakah warga tersebut meninggal atau pindah lokasi, " ujar Pusuibiat. 

Ia berharap ke depan, pada pemilu mendatang data DPT dapat diakuratkan ke pihak desa agar warga tidak ragu dan dapat menyuarakan hal pilihnya. 

Kontributor Mentawai: Kornelia Septin Rahayu

Berita Terkait

Baca Juga