Facebook Keluarkan Dana Sebesar Rp316 Miliar untuk Keamanan Mark Zuckerberg

Facebook Keluarkan Dana Sebesar Rp316 Miliar untuk Keamanan Mark Zuckerberg Mark Zuckerberg

Covesia.com - Facebook mengeluarkan uang yang cukup besar untuk menjaga keamanan CEO-nya Mark Zuckerberg. Perusahaan menghabiskan uang sekitar Rp 316,4 miliar untuk biaya keamanan dan perjalanan Zuckerberg.

Menjaga Mark Zuckerberg agar tetap aman itu mahal. Facebook harus mengeluarkan biaya tambahan sekitar US$ 13 juta atau setara Rp 182 miliar (kurs Rp 14.000) untuk keamanan dan biaya perjalanan pribadinya pada tahun 2018. Demikian dilansir dari CNN Money, Minggu (14/4/2019).

Biaya itu juga termasuk tunjangan sebelum pajak US$ 10 juta baru untuk biaya keamanan tambahan seperti penjaga keamanan, peralatan, layanan dan perbaikan perumahan.

Seperti banyak CEO kaya lainnya, Zuckerberg sebenarnya hanya menerima gaji resmi $ 1 per tahun. Dia juga tidak menerima bonus atau saham pada tahun 2018. 

Namun, total kompensasi Zuckerberg melonjak dari US$ 9,1 juta pada tahun 2017 menjadi US$ 22,6 juta atau setara Rp 316,4 miliar pada 2018 untuk menutupi peningkatan biaya keamanan untuk CEO. Peningkatan tersebut untuk mengantisipasi ancaman khusus terhadap Zuckerberg dan visibilitas tinggi Facebook (FB), menurut perusahaan.

Facebook mengeluarkan uang untuk Zuckerberg dan keamanan pribadi keluarganya di rumahnya dan ketika dia bepergian. Sekitar US$ 2,6 juta dari paket kompensasi Zuckerberg adalah untuk perjalanan pesawat pribadi, yang menurut perusahaan merupakan bagian dari program keamanan.

Perusahaan ini memang sering kali mengalami skandal. Sudah ada kecaman untuk segala hal mulai dari masalah privasi pribadi setelah pengungkapan perusahaan data Cambridge Analytica mengumpulkan informasi pada 87 juta pengguna Facebook, hingga memungkinkan penyebaran supremasi kulit putih dan pidato kebencian di platform.

Facebook juga meningkatkan jumlah uang yang dimasukkan untuk keamanan pribadi COO Facebook, Sheryl Sandberg sebesar US$ 1,1 juta. (dtc)

Berita Terkait

Baca Juga