Tersebar Video Diduga Air Laut Naik Dampak Gempa M 6,9 Sulteng

Tersebar Video Diduga Air Laut Naik Dampak Gempa M 69 Sulteng Sumber: istimewa

Covesia.com - Sejumlah video memuat informasi bahwa air laut naik ke daratan dampak dari gempa magnitudo 6,9 yang mengguncang wilayah di Sulawesi Tengah pada pukul 18.40.49 WIB. 

Lokasi video belum diketahui, namun seorang pria yang merekam video sempat menanyakan ke seorang ibu yang berada di lokasi tentang naiknya air laut.

"Ibu, naik air buk?" tanya si pria.

"Iya naik," jawab si ibu yang bergegas lari.

"Astaghfirullah," lanjut si pria.

Sementara itu, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan gempa magnitudo 6,9 yang mengguncang wilayah di Sulawesi Tengah pada pukul 18.40.49 WIB sempat membuat warga panik. Warga langsung berinisiatif berlarian ke arah gunung.

"Gempa terasa kuat di Kota Palu sekitar 6 detik. Masyarakat panik dan keluar dari rumah," sebut Sutopo dalam keterangan resmi yang diterima Covesia, Jumat (12/4/2019) malam. 

Gempa juga dirasakan teras kuat di Kabupaten Luwu Timur sekitar 4 detik.

"Gempa berpotensi tsunami Kab. Morowali, (belum bisa dikontak)," tambah Sutopo.

BMKG menyatakan gempa berpotensi tsunami dengan status peringatan Waspada. 

"Artinya Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota yang berada pada status Waspada diharap memperhatikan dan segera mengarahkan masyrakat untuk menjauhi pantai dan sungai," jelasnya.

Selain itu gempa terasa kuat di Kabupaten Banggai. Daerah yang berpotensi tsunami adalah di Kecamatan Toili.

"Kalak BPBD Kab. Banggai telah mendapat rekomendasi dari BMKG setempat, bahwa masyarakat di Toili diminta untuk mengungsi," pungkasnya.

(rdk) 


Berita Terkait

Baca Juga