Catatan Sandiaga Soal Surat Suara Tercoblos di Malaysia: Mencederai Demokrasi

Catatan Sandiaga Soal Surat Suara Tercoblos di Malaysia Mencederai Demokrasi Cawapres 02 Sandiaga Uno. Foto: Covesia/ Primadoni

Covesia.com - Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno meyetakan kekecewaan atas peristiwa surat suara tercoblos di Malaysia. Sandiaga menilai surat suara tercoblos itu mencederai demokrasi.

"Sangat disayangkan, saya memberikan catatan tersendiri. Ini sangat mencederai demokrasi," ujar Sandi dalam kunjungan ke Rumah Siap Kerja di Jalan Pipa Reja, Palembang, Jumat (12/4/2019).

Sandi meminta aparat penegak hukum segera bertindak. Dia pun minta hasil penyelidikan dibuka ke publik sebelum pencoblosan 17 April digelar.

"Kami persilakan supaya aparat segera bertindak karena tinggal 3-4 hari menuju pencoblosan. Ini sangat-sangatlah tidak adil, sangat mencederai demokrasi kita," kata Sandi.

Tidak hanya itu, Sandi pun menilai surat suara bukan tercoblos. Melainkan telah dicoblos dengan sengaja dicoblos agar mencederai demokrasi. 

Menurut Sandi, ada unsur kesengajaan dalam surat suara yang sudah tercoblos itu.

"Kalau bisa berkarung-karung, katanya tercoblos, tapi menurut saya dicoblos. Itu sengaja dicoblos, tindakan ini pasti membangkitkan rasa ketidakpercayaan di masyarakat terhadap proses demokrasi kita," katanya. 

"Ayo sama-sama kita tuntaskan dan kita hukum terutama yang dicoblos tersebut. Baik yang dicoblos dan yang mencoblos surat suara," imbuhnya.

Sandi ingin melihat hukum benar ditegakkan. Terutama saat ini Prabowo-Sandi dan partai koalisinya sebagai oposisi. 

"Kita lihat apakah hukum ditegakkan seadil-adilnya atau hukum kita hanya tajam pada oposisi tapi tumpul pada penguasa. Tapi jangan berlarut-larut karena sebentar lagi pencoblosan," tuturnya, seperti dilansir detikcom.

(rdk)

Berita Terkait

Baca Juga