Elektabilitas Prabowo 63 Persen di Survei Lapitek UKRI, Ini Respons TKN

Elektabilitas Prabowo 63 Persen di Survei Lapitek UKRI Ini Respons TKN Prabowo Subianto

Covesia.com - Lapitek UKRI merilis survei elektabilitas pasangan capres-cawapres di Pilpres 2019 yang memenangkan Prabowo-Sandi 63 persen dan Jokowi-Ma'ruf 37 persen. Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf merasa heran dengan selisih angka sebesar 26 persen.

"Itu menyenangkan hati Pak Prabowo, good luck on them. Kenapa tidak sekalian buat hasil yang sempurna?" kata Wakil Ketua TKN Johnny G Plate kepada wartawan, Kamis (11/4/2019).

Johnny menilai survei tersebut merupakan bagian dari kepanikan kubu Prabowo-Sandi. Dia meyakini yang sebenarnya terjadi elektabilitas Prabowo-Sandi stagnan.

"Survei seperti ini biasanya dibuat untuk dan sebagai jawaban serta wujud dari kepanikan sebagai akibat dari elektabilitas yang konstan stagnan atau tidak naik-naik," ucapnya.

Sementara itu, anggota TKN Inas Nasrullah juga meragukan kredibilitas alasan akademis yang disampaikan rektor UKRI. Dia menilai survei tersebut sangant tendensius.

"Survei tersebut sangat tendensius untuk mengkerek opini masyarakat bahwa elektabilitas Prabowo Sandi lebih tinggi dari Jokowi Amin. Di mana pertanyaannya hanya satu, yakni siapa yang diharapkan menjadi pimpinan nasional pada 2019-2024. Sehingga jawaban responden pun mudah diarahkan, atau malahan respondennya mereka-mereka sendiri," ucapnya.

Sebelumnya, Lembaga Afiliasi Penelitian dan Teknologi (Lapitek) UKRI merilis survei terkait elektabilitas pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin dan Prabowo-Sandi. Hasilnya elektabilitas pasangan 02 unggul dari pasangan 01 dengan selisih mencapai 26 persen.

Survei yang dilakukan lembaga internal dari UKRI dilakukan pada periode 1-9 April 2019, dengan menggunakan metode random sampling. Jumlah responden dalam survei tersebut sebanyak 10.252 orang yang tersebar di sejumlah daerah.

Untuk margin of error dalam survei yang dirilis itu sebesar 2,19 persen dengan tingkat kepercayaan 95,5 persen. Hasilnya memperlihatkan pasangan 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno unggul dengan tingkat elektabilitas 63 persen. Sementara pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin meraih 37 persen.

Di situs resminya, tercantum Prabowo Subianto adalah Ketua Yayasan Pendidikan Kebangsaan Republik Indonesia. Di situsnya juga tertulis: 'Universitas Kebangsaan Republik Indonesia, dibangun dari sebuah cita-cita luhur keluarga besar Prof. Dr. Sumitro Djojohadikusumo untuk membangun bangsa Indonesia menjadi bangsa yang lebih baik'.

(lif/dtc)

Berita Terkait

Baca Juga