Curiga dengan Temuan Surat Suara Tercoblos, TKN Sayangkan Si Pencoblos Kabur

Curiga dengan Temuan Surat Suara Tercoblos TKN Sayangkan Si Pencoblos Kabur Ilustrasi - Foto udara saat kampanye 'Jempolan Indonesia Maju' di Padang. Foto: TKN Jokowi-Ma'ruf Amin

Covesia.com - Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin Malaysia angkat suara terkait temuan surat suara tercoblos di Selangor. Mereka mencurigai surat suara tersebut sengaja dibuat oleh oknum untuk upaya penyudutan.

"Kami TKN Malaysia terkejut mendengar berita yang tersebar bahwa ada oknum yang melakukan tindakan kriminal terkait pencoblosan kertas suara secara sengaja di wilayah Bangi, Selangor, Malaysia," ujar Sekretaris TKN Malaysia Dato M Zainul Arifin dalam keterangannya, sperti dilansir detikcom, Kamis (11/4/2019).

TKN Malaysia mengutus tim mengenai kabar pencoblosan surat suara. Mereka menyayangkan oknum yang mencoblos lari.

"Memang benar kami mendapat laporan terkait kejadian tersebut dan tim kita mengecek di lapangan memang benar adanya kertas suara di tempat tersebut. Hanya sangat disayangkan pada saat penggerebekan, oknum yang melakukan lari dan tidak tertangkap," ucap Dato M Zainul Arifin.

TKN Malaysia tidak menelan mentah-mentah terkait temuan kertas suara sudah tercoblos mayoritas 01 tersebut. TKN menunggu informasi lebih rinci soal temuan itu.

"Akan tetapi, perlu kita telusuri apakah kertas itu betul-betul kertas suara keluaran dari KPU atau ada oknum yang sengaja merugikan pihak kami, pasangan 01 Jokowi-Ma'ruf, karena semua kertas suara tercoblos dugaan sampel mengarah kepada 01. Dengan jumlah puluhan ribuan sangat banyak dan rumit kalau dilakukan orang per orang," jelas Dato Zainul. 

"Kami TKN Malaysia segera akan mengadakan rapat koalisi 01 pada sore ini untuk menyikapi masalah ini dan segera memberi pernyataan sikap terkait ini. Dan kami berharap masyarakat jangan dulu menyimpulkan sikap yang negatif terhadap kejadian ini sebelum memastikan hal ini terjadi. Karena kita harus menghindari berita-berita yang bersifat hoax," tegas dia. 

(rdk)

Baca: Ini Kata Jokowi Soal Surat Surat Suara Tercoblos di Malaysia

Baca juga: Surat Suara Tercoblos Bukan Hoaks, Bawaslu akan Minta KPU Hentikan Pencoblosan di Malaysia

Berita Terkait

Baca Juga