Para Dosen UI Bentuk Gerakan Moral Sadar Demokrasi

Para Dosen UI Bentuk Gerakan Moral Sadar Demokrasi Ilustrasi (Ist)

Covesia.com - Para dosen Universitas Indonesia (UI) melakukan inisiasi dengan membentuk Gerakan Moral Sadar Demokrasi dan Kewarganegaraan (Geradasi Warna) Indonesia yang merupakan gerakan independen dan nonpartisan.

"Gerakan ini membawa misi membentuk warga negara yang mau dan siap untuk berpartisipasi aktif dan terlibat dalam kegiatan dan kehidupan ber-NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 secara demokratis dan bertanggung jawab," kata Ketua Klaster Demokrasi dan Kewarganegaraan UI, Reni Suwarso, Ph.D, di kampus UI, Depok, Kamis (11/4/2019).

Menurut dia, ini salah satu bentuk pengabdian masyarakat sebagai tanggung jawab Tri-Darma perguruan tinggi.

Dosen ilmu politik FISIP UI ini menjelaskan, Geradasi Warna Indonesia lahir dilatar belakangi keprihatinan karena praktek berdemokrasi warga negara Indonesia yang belum terbangun secara baik. Sikap dan perilaku sejumlah warga negara masih banyak yang menyimpang dari prinsip demokrasi.

Pada saat yang sama, pemahaman kewarganegaraan di Indonesia belum ditanamkan dan disebarluaskan secara terencana, terstruktur dan sistematis. Upaya ini mendapatkan tantangan dengan perubahan cara berkomunikasi di era disrupsi ini.

Generasi yang paling terdampak disrupsi teknologi adalah Generasi Internet yang rata-rata berumur 15-24 tahun atau kelahiran tahun1995 – 2004 yang di antaranya merupaka pelajar SMA sederajat dan mahasiswa di PTN/PTS.

Oleh karena itu, perlu adanya inovasi bagaimana pembelajaran demokrasi dan kewarganegaraan perlu disampaikan secara lebih fashionable dengan ide segar gaya anak muda, lebih personal dengan contoh-contoh konkret praktek demokrasi dan kewarganegaraan, dilakukan dengan lebih informal tetapi tetap serius, dengan memanfaatkan teknologi informasi.

Geradasi Warna memulai kegiatan dengan Training of Trainer (ToT) yang dilaksanakan pada Sabtu, 6 April 2019. Dilanjutkan dengan serangkaian FGD dengan dosendari PTN/PTS seIndonesia pada Senin, 8 April 2019, guru SMA se-Jabodetabek pada Selasa,9 April 2019, media nasional (cetak, penyiaran, online) pada Rabu, 10 April 2019.

Kemudian puncak acara yaitu Expo sekaligus peluncuran Geradasi Warna Indonesia pada Minggu,14 April 2019.

(Antara)

Berita Terkait

Baca Juga