Gempa M 6,3 Guncang Jailolo, BNPB Belum Terima Laporan Korban Jiwa

Gempa M 63 Guncang Jailolo BNPB Belum Terima Laporan Korban Jiwa Ilustrasi- Seismograf

Covesia.com- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebut bahwa pihaknya belum mendapat laporan soal kerusakan dan korban jiwa akibat gempa bermagnitudo 6,3 yang terjadi di Jailolo, Maluku Utara.

Dalam keterangan tertulisnya, Minggu (24/3/2019), Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menjelaskan hingga saat ini pihaknya belum menerima laporan terkait ada atau tidaknya korban jiwa akibat gempa tersebut.

"Gempa tidak berpotensi Tsunami. BPBD masih melakukan pemantauan. Hingga saat ini belum ada laporan korban jiwa," kata Sutopo.

Ia menyebut bahwa gempa tidak dirasakan di Kec. Jailolo, Kab. Halmahera Barat. Gempa dirasakan lemah di Kab. Kep. Sangihe selama 1-5 detik dan warga tidak panik, beraktivitas normal. Gempa juga di rasakan lemah di Kota. Bitung.

Ia menjelaskan, jika mengacu pada peta gempa dirasakan di Jailolo, Weda ,Ternate III MMI, Manado, Tondano, Bitung III -IV MMI, Tahuna, Siau, Bolaang Uki II-III MMI, maka diprediksi tidak memberikan dampak merusak masif. 

Umumnya, kata dia, bangunan akan rusak dan roboh jika menerima intensitas gempa dirasakan lebih dari VI MMI. Namun gempa M 6,3 ini hanya memberikan intensitas gempa dirasakan maksimal IV MMI sehingga tidak merusak parah dan luas.

"Namun demikian BPBD masih melakukan pemantauan dan akan dilaporkan jika ada perkembangan berikutnya," ujarnya.

(jon)




Berita Terkait

Baca Juga