Kementerian PUPR Bakal Bangun Tiga Proyek Besar di Pesisir Selatan Sumbar

Kementerian PUPR Bakal Bangun Tiga Proyek Besar di Pesisir Selatan Sumbar Foto, Kepala Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera V, Mariadi Utama saat peletakkan batu pertama di Muara Kandis Pessel.(Indrayen)

Covesia.com - Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bakal membangun tiga proyek besar lagi di Kabupaten Pesisir Selatan, sesuai dengan perencanaan pembangunan strategis pihaknya dari tahun 2019-2024.

Hal itu, dikatakan Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera V, Mariadi Utama menyebutkan, tiga pembangunan dalan rancana strategis di Pessel tersebut diantaranya, pembangunan batu penahan ombak di Pantai Ampiang Parak, Kecamatan Sutera, pembangunan embung di Kecamatan Batangkapas dan irigasi di Sawah Laweh Tarusan.

"Pembangunan tersebut sesudah pembangunan batu penaham ombak di Muara Kandis Linggo Sari Baganti. Trus di lanjutkan ke tiga proyek yang telah direncanakan. Mulai dari tahun ini sampai tahun 2024 mendatang,"sebutnya

Diterangkannya, dari empat proyek dari bantuan pusat untuk kabupaten Pessel. Proyek pembangunan terbesar itu dari pembangunan irigasi di Sawah Laweh. 

"Dimana, akan memakan biaya sekitar Rp 240 miliar. Sedangkan yang lainnya hanya seperti, pembangunan batu penahan ombak di Ampiang parak hanya sekitar RP 3 miliar dan embung sekitar Rp 2 miliar,"terangnya

Sementara itu, Bupati Hendrajoni mengatakan, bantuan pusat atau APBN yang diluncurkan ke daerahnya, sangat membantu proses pembangunan Infrastruktur Pessel. Dimana selama ini  daerahnya sangat sulit melakukan pembenahan infrastruktur yang hanya mengandalkan APBD saja.

"Kita sama tau APBD kita sangat kecil dan tidak akan sanggup membangun Pessel tanpa adanya bantuan dari pemerintah pusat. Untuk itu, kita sangat bersyukur bisa mendapatkan APBN sebesar itu, dalamembantu kita membangun daerah ini. Dimana selama ini masih jauh tertinggal soal infrastruktur dari daerah lainnya,"singkatnya Bupati Hendrajoni

Kontributor Pessel: Indra Yen

Berita Terkait

Baca Juga